Kamis, 26 Mei 22

Perjalanan Sang Pencerah: KH Ahmad Syafi’i Mufid

Perjalanan Sang Pencerah: KH Ahmad Syafi’i Mufid
* KH Ahmad Syafi'i Mufid. (Foto: Kemenag)

Panggilan mulang bagi Syafi’i selalu menyertai di manapun ia berada dan bergerak. Seperti air mengalir yang mengikuti pergerakan arus. Sejak ia masih hidup di kampung dahulu dengan membuka Madrasah Wajib Belajar ((MWB) maupun ketika dirinya mengajar dan kuliah di Semarang. Bahkan berlanjut hingga kini. Biasa dijalani menjadi semisal motivator perdamaian, dakwah, dan atau solusi konflik.

Pengalaman penelitian baginya, adalah sebuah pergulatan hidup dengan berdialog dengan manusia dari berbagai kalangn dan tingkat pendidikan. Di sanalah Syafi’i menemukan jati diri orang lain dengan keragaman latarbelakang budaya dan sekaligus menemukan nilai-nilai kebersamaan, mengenal bentuk-bentuk konflik, kerjasama sosial dan kearifan-kearifan lokal. Menjadi narasumber di berbagai kesempatan, bagi pak Syafi’i adalah menjalankan tugas mulang tersebut.

Sebagaimana diketahui, Pak Syafi’i adalah orang yang telah malang melintang di berbagai organisasi dan institusi. Di lingkungan Kemenag sendiri, selain berpofesi sebagai peneliti, pernah menduduki jabatan seperti: Kepala Balai Penelitian Agama dan Kemasyarakatan (Balitamas Jakarta), kini Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ); Sekretaris Badan Litbang dan Diklat; Sekretaris Ditjen Bimbaga Islam; adalah juga salah seorang inspektur di Itjend. Selama 17 tahun ngayahi tugas sebagai Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) DKI Jakarta; Pengurus MUI DKI; pengurus KODI DKI; Sekretaris Islamic Center DKI, dan Asosiasi Islamic Center se Indonesia.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.