Kamis, 26 Mei 22

Perjalanan Sang Pencerah: KH Ahmad Syafi’i Mufid

Perjalanan Sang Pencerah: KH Ahmad Syafi’i Mufid
* KH Ahmad Syafi'i Mufid. (Foto: Kemenag)

Bentangan sejarah panjang untuk memperoleh kedudukan tinggi, di pemerintahan dan profesi, adalah proses pembelajaran diri, menuju kematangan. Anak-anak dan cucu biarlah mengantarnya sampai ke liang kubur. Tapi cita-cita luhur dan ibadah jariah, plus kesalehan anak-cucunya yang lebih layak mengantarnya pada kehidupan lebih abadi.

Pembangunan pesantren lengkap dengan rumah ibadah dan segala fasilitasnya, yang dibiayai sendiri,  sepanjang maslahat bagi masyarakat, adalah bangunan yang terus menerangi surganya sendiri tanpa batas. Melengkapi kebahagiaannya adalah kesalehan anak-anak dan cucunya yang insya Allah tidak akan luntur. Ditambah lagi kegiatan mulang-nya, sepanjang ilmunya bermanfaat bagi banyak orang, sepanjang itu pula akan menerangi surganya.

Mulang, bagi pak Syafi’i, adalah kerja aktif dan interaktif untuk menggerakkan orang lain sehingga memperoleh kesadaran dan kemandirian yang optimal. Dalam budaya Jawa, mulang berarti mengajar atau menjadi guru. Tapi pak Syafii merasa lebih sreg dengan menggunakan kata mulang, untuk tidak disamakan dengan menjadi guru atau pengajar. Dengan menjadi guru, seakan orang lain dianggap bodoh, dan berkedudukan rendah. Tapi mulang adalah memperlakukan orang lain sebagai teman berdiskusi, dan bersama-sama mengenali diri sendiri , menemukan masalah dan bersama-sama pula mencari dan menemukan solusi.

Mulang adalah kegiatan sosial, berbagi pengalaman, menceritakan kembali pengetahuan untuk memahami bahwa kehidupan ini berputar (sangkan paraning dumadi). Kehidupan berawal di surga, Adam dan Hawa di surga, turun ke bumi, akhirnya kembali ke surga lagi. Pergerakan yang dimotivasi keikhlasan, menggerakkan potensi untuk berkembang.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.