Sabtu, 2 Juli 22

Peristiwa Bersejarah! Pertama Kali Jakarta Ekspor Beras ke Arab Saudi

Peristiwa Bersejarah! Pertama Kali Jakarta Ekspor Beras ke Arab Saudi
* Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas kontainer ekspor yang mengangkut 19 ton produk beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/5/2022). (Foto: FB Anies Baswedan)

Obsessionnews.com – DKI Jakarta di bawah kendali kepemimpinan Anies Baswedan mengukir sejarah, yakni untuk pertama kalinya mengekspor beras ke Arab Saudi.

Anies melepas kontainer ekspor yang mengangkut 19 ton produk beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/5/2022).

Berikut ini penuturan Gubernur DKI Jakarta tersebut di akun Facebooknya kemarin, Jumat:

Sebuah peristiwa yang bersejarah, untuk pertama kalinya kita mengekspor beras ke Arab Saudi.

Alhamdulillah, hari ini melepas Kontainer Ekspor yang mengangkut 19 ton Produk Beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi. Hasil kerja sama Perdagangan Komoditi Ekspor antara PT Food Station Tjipinang Jaya dengan Al-Raqeeb Universal Group di Gudang PT Food Station Tjipinang Jaya, Komplek Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.

 

 

Ini adalah penanda bahwa produk beras kita dapat diterima dan diserap di pasar Internasional, yang menuntut standar mutu sangat tinggi. Sekaligus menjadi momentum bagi PT Food Station Tjipinang Jaya untuk mengembangkan usahanya di pasar pangan internasional, khususnya wilayah Arab Saudi dan Timur Tengah.

 

 

Jakarta memang tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk bisa memanen padi dalam jumlah besar, namun Jakarta berkolaborasi dengan daerah-daerah penyangga dalam memenuhi kebutuhan beras warganya, utamanya daerah-daerah yang menghasilkan surplus beras.

 

 

Beras yang diekspor hari ini merupakan beras long grain varietas IR-64 Ciherang untuk memenuhi permintaan Negara Arab Saudi. Budi daya beras tersebut ditanam di Indramayu, Jawa Barat dan dilakukan panen pada awal tahun 2022.

Kini Jakarta dapat memasok kebutuhan beras bagi warganya, bahkan mendistribusikan beras ke luar negeri. PT Food Station Tjipinang Jaya yang merupakan BUMD milik Pemprov DKI Jakarta menjadi pusat perdagangan beras terbesar di Asia Tenggara.

Indonesia adalah salah satu tempat yang dikaruniai produksi hasil pangan luar biasa melimpah. Kita harus kelola dengan baik sehingga ini menjadi berkah, sehingga memberikan manfaat domestik dan bisa meningkatkan kesejahteraan domestik dengan memanfaatkan pasar internasional.

Tuntutan kualitas pasar internasional yang tinggi mengharuskan kita kerja keras, persiapan yang panjang. Insya Allah ini akan diikuti dengan lebih banyak lagi ekspor dari kita untuk berbagai belahan dunia.

Pantauan obsessionnews.com pada Sabtu (21/5), pukul 05.16 WIB, postingan Anies mendapat like sebanyak 11.962 kali, 1.388 komentar, dan 1.190 kali dibagikan.

Berikut ini komentar dari beberapa warganet:

Ahmad David Kholilurrahman: Insya Allah menuju berdaulat pangan dibawah kepemimpinan Bapak Anies Baswedan

Amran Arfan: .Mudah2an kedepannya Indonesia bisa swasembada beras lagi dibawah kepemimpinan Pak Anies B… Insya Allah….

Diajenk Sandra: Selamat datang kembali ke Tanah Air, Bapak Anies Baswedan…

Membaca, melihat dan merasakan dengan hati, kinerja Bapak beserta jajaran, sungguh laksana oase di padang tandus, Harapan Baru Indonesiaku ❤

Semoga Allah SWT meridhoi, meridhoi & meridhoi Bapak Anies Baswedan untuk RI 1 ✔

Kami rindu pemimpin yang cinta dan sayang kepada rakyatnya, sungguh !

Pritha Khalida: Hebat amat dah bisa ekspor, biasanya kita ngimpor mulu. Semoga ya dg Pak Anies jd presiden, Indonesia kembali bisa swasembada beras.

Maju dan berkah negaranya, bahagia dan bangga masyarakatnya.

Aamiin
(arh)

Related posts

1 Comment

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.