Kamis, 25 April 24

Peringati HUT ke-74 RI, KJRI Jeddah Gelar Resepsi Diplomatik

Peringati HUT ke-74 RI, KJRI Jeddah Gelar Resepsi Diplomatik
* Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi,  menggelar resepsi diplomatik dalam rangka memperingat HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Park Hyatt Hotel Jeddah, Selasa, 24 September 2019. (Foto: KJRI Jeddah)

Hubungan Bilateral RI-Saudi di Segala Bidang Kian Meningkat

Hery menuturkan, hubungan bilateral RI-Saudi di segala bidang kian meningkat. Di bidang ekonomi dan perdagangan, nilai ekspor produk Indonesia ke Arab Saudi terus meningkat. Pada gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) tahun lalu para pelaku usaha Saudi telah berhasil mencatatkan nilai transaksi sebesar US$ 1.5 juta dengan mitra dagangnya di Indonesia.

Sebanyak 398 pengusaha Saudi hadir pada pameran dagang tersebut, 160 dari jumlah tersebut berasal dari Kawasan Barat Arab Saudi. Delegasi pengusaha Saudi merupakan yang tersbesar dari sisi jumlah yang hadir pada TEI 2018 yang datang dari 132 negara.

Tren positif kerja sama dagang antara dua negara juga tercermin dari volume perdagangan yang kian meningkat. Selama periode Januari-Juni 2019, nilai total perdagangan di sektor minyak dan gas meningkat  0.85%, yakni dari 1,517 milyar dolar AS pada 2018 menjadi 1,529 miliar pada tahun ini.

Tahun ini, jumlah jemaah umrah dari Indonesia mencapai lebih dari 1 juta orang, ditambah dengan jemaah haji yang berjumlah 231 ribu orang.

“Dalam kesempatan baik ini, atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, kami menyampaikan selamat kepada Pemerintah Saudi yang telah berhasil menyelenggarakan pelayanan ibadah haji 1440 Hijriah dengan baik dan lancar,” kata Hery.

Kerja sama pendidikan dan kebudayaan juga mengalami peningkatan. Saat ini tercatat lebih dari 1.200 mahasiswa Indonesia yang belajar di sejumlah perguruan tinggi di Arab Saudi. Minat pemuda Saudi untuk mengikuti Program Dharmasiswa juga kian meningkat, demikian animo warga Saudi dan warga asing di Arab Saudi untuk mengikuti program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA),

“Sejak 2006 Program BIPA telah meluluskan lebih dari 1.000 peserta kursus,” tegasnya.

Resepsi ditutup dengan makan malam bersama dengan selingan hiburan Tari Enggang dari Kalimantan, Tari Saman dari Gayo Aceh, dan suguhan hiburan oleh artis dari Jakarta, grup musik Reality Club serta Selfi KDI. (arh)

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.