Sabtu, 20 April 24

Peringatan BLA akan Diikuti 7.000 Orang Berpawai Obor

Peringatan BLA akan Diikuti 7.000 Orang Berpawai Obor
* Tatang Muhtar.

Bandung,  Obsessionnews – Peringatan peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) ke-70 akan dilaksanakan Kamis (24/3/2016) mendatang di Lapangan Tegalega Kota Bandung.

Rangkaian kegiatan pun digelar untuk memeriahkan peringatan peristiwa sejarah heroik dari masyarakat Bandung  di era perjuangan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat sekaligus panitia peringatan BLA ke-70, Tatang Muhtar, mengatakan salah satu yang menjadi keistimewaan kota Bandung adalah memiliki hari-hari besar lokal yang secara rutin diperingati yaitu diantaranya peringatan BLA.

“Keistimewaan Kota Bandung, ada peringatan yang tidak diperingati oleh kabupaten kota lainnya, salah satunya peringatan BLA,” ujarnya.

Adapun tema peringatan BLA ke- 70 adalah melalui peringatan peristiwa BLA ke-70 kita kobarkan semangat juang untuk membangun Bandung Smart City menuju kota juara yang unggul nyaman dan sejahtera.

Tatang menyampaikan, adapun kegiatan pokok yang biasa dilakukan adalah gladiresik peringatan BLA ke 70, ziarah ke makam pahlawan, pawai dan penyulutan obor BLA, dan penyiaran pidato Wali Kota Bandung.

Khusus untuk peserta pawai obor sendiri menurut Tatang, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh 5000 pelajar tingkat SLTA se Kota Bandung, tahun ini akan dilibatkan juga siswa-siswi tingkat SMP, SMA, Karang Taruna dan beberapa komunitas dengan jumlah total sebanyak 7.000 peserta.

“Untuk jumlah peserta kita ada peningkatan, 5000 peserta untuk tahun lalu, untuk tahun sekarang direncanakan 7000 peserta,” jelasnya.

Sementara itu, untuk rute pawai obor sendiri Tatang  mengatakan, rencananya pawai akan dimulai di lapangan Tegelega, jalan M Toha, jalan BKR, Jalan M Ramdan, Karapitan, Asia Afrika, Cikapundung, Braga Suniaraja, Viaduct, dan akan berahir di Balai Kota.

Lebih lanjut, Tatang mengatakan, dalam rekaman pidato wali kota dan penyiarannya nanti, akan diisi dengan spirit-spirit kejuangan dalam membangun Kota Bandung, dan perubahan-perubahan yang telah dilakukan.

Lebih lanjut dikatakannya Pemerintah Kota Bandung bersama Panitia Pelaksana BLA akan terus berupaya melengkapi hal-hal yang menjadi kekurangan pada penyelenggaraan BLA sebelumnya.

Nantinya, acara-acara tambahan juga akan digelar di Balai Kota, tak hanya itu para peserta pawai pun akan mendapatkan penilaian dan akan diberikan penghargaan.

Menurut Tatang, BLA ini merupakan event tahunan yang akan menjadi sarana kepariwisataan.

“Kita pun telah berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait untuk kedepan, terkait pawai obor khususnya ini akan menjadi salah satu item kepariwisataan, seperti halnya event lain seperti Bandung light festival,” pungkasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.