Minggu, 26 Januari 20

Pergerakan Uang Saat Libur Ramadhan-Lebaran Diperkirakan Rp200 Triliun

Pergerakan Uang Saat Libur Ramadhan-Lebaran Diperkirakan Rp200 Triliun
* Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kiri) saat berbuka puasa bersama dan jumpa pers Pesona Mudik 2019, di Balairung Soesilo Sudarman, Jakarta, Selasa (21/5/2019). (Foto: Kemenpar)

Jakarta, Obsessionnews.com – Libur Ramadhan dan lebaran menjadi momentum bagi upaya pemerataan ekonomi masyarakat di daerah yang dilewati oleh para pemudik.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, total ada 20 juta pergerakaan orang saat mudik.

“Ini tentu akan menyejahterakan masyarakat di daerah,” kata Arief  saat berbuka puasa bersama dan jumpa pers Pesona Mudik 2019 di Balairung Soesilo Sudarman, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis Kementerian Pariwisata, Arief menjelaskan, saat Ramadhan otomatis terdapat jumlah penurunan wisatawan nusantara (wisnus) sekitar 50 persen. Tercatat rata-rata pergerakan wisnus perbulan 20 juta, tetapi saat Ramadhan turun menjadi 10 juta.

Memasuki liburan Idul Fitri jumlah pemudik diperkirakan mencapai 20 juta, sehingga periode Ramadhan-Lebaran bisa terjadi pegerakan 30 juta wisnus atau naik 150 persen.

“Terjadi pergerakan uang selama Ramadhan-Lebaran diperkirakan Rp800 ribu perorang untuk sekali visit. Atau diperkirakan ada Rp200 triliun dari 20 juta pergerakan wisatawan,” kata Menpar. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.