Senin, 20 September 21

Perempuan Diyakini Bisa Berkontribusi Besar Terhadap Ekonomi

Perempuan Diyakini Bisa Berkontribusi Besar Terhadap Ekonomi
* Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram.

Bandung, Obsessionnews.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram Mengemukakan bahwa potensi pengembangan ekonomi dengan memberdayakan perempuan akan memberikan dampak yang besar bagi perbaikan ekonomi secara menyeluruh.

“Peluang ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin dan kami siap mengembangkan kemampuan mereka,” kata Agus pada Rapat Kerja Nasional 2017 Dharma Wanita Persatuan, di Bandung, Rabu (17/5/2017).

Agus Muharram menambahkan, cara yang ditempuh Kemenkop dan UKM untuk pemberdayaan perempuan ini dengan memberikan pelatihan bagi kelompok perempuan agar tercipta akses usaha baru. Dengan adanya akses usaha yang baru, kemampuan perempuan dalam berusaha akan semakin beragam dan menimbulkan gairah menciptakan inovasi baru dalam berproduksi.

“Bukan hanya itu, kita juga akan meningkatkan sumber daya manusia dan penciptaan infrastruktur. Jika ini sudah terbangun dengan baik, dengan sendirinya akan meningkatkan taraf hidup keluarga,” katanya.

Sesmenkop dan UKM mengakui, dalam pengembangan usaha sering terbentur masalah pendanaan atau permodalan. Menurutnya, hal itu akan bisa dipecahkan dengan pola pembiayaan yang ada seperti kredit usaha rakyat (KUR) dan dana bergulir.

“Kalau kita mau serius mengembangkan pengusaha perempuan, peluangnya masih sangat besar. Dan ini akan melahirkan peluang ekonomi baru yang sangat besar pula,” kata Agus

Ia menambahkan, jika pengusaha perempuan merasa kesulitan dalam memamerkan produk-produk mereka, Kemenkop dan UKM memiliki ruang pamer di SMESCO Tower. Sedangkan bagi pengusaha yang ingin memperbaiki pasalah packing atau pengemasan produk mereka, bisa mengikuti pelatihan soal packing.

“Kami juga ada pelatihan soal pemasaran produk secara online. Bahkan kami juga memiliki pasar online yang bisa dimanfaatkan pengusaha kecil dan menengah,” katanya.

Ketua Umum DWP Wien Ritola Tasmaya, mengungkapkan, DWP turut berkiprah dalam pembangunan nasional melalui sebuah organisasi yang modern. DWP juga berperan menjadi menjadi pembina keluarga dan berperan secara umum. Serta DWP sebagai organisasi kemasyarakatan yang membina istri ASN, akan tetap netral dan mandiri.

“Kita akan tetap mendampingi ASN dari tingkat pusat hingga kelurahan. Sehingga tercipta keluarga ASN yang baik dan bisa menjadi contoh di masyarakat,” tukas dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.