Rabu, 25 Mei 22

Perdana Menteri Swedia Mundur, Diganti Perempuan

Perdana Menteri Swedia Mundur, Diganti Perempuan
* Mantan PM Swedia Stefan Loefven bersama Menkeu Magdalena Andersson pada Agustus 2018 lalu. (:AFP/CNN

– Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven resmi mengundurkan diri dari jabatannya pada Rabu (10/11).
Kekosongan jabatan pimpinan itu pun membuka jalan bagi Menteri Keuangan Swedia, Magdalena Andersson, untuk menjadi perdana menteri perempuan pertama di negara itu.

Lofven, mantan tukang las dan negosiator serikat pekerja, menjabat sebagai Perdana Menteri Swedia sejak 2014. Ia juga menjabat sebagai pemimpin partai selama sepuluh tahun.

“Semua ada akhirnya dan saya mau memberi kesempatan yang terbaik untuk penerus saya,” ucap Lofven seperti dikutip Reuters.

Keinginan Lofven untuk mundur dari bangku perdana menteri sudah ia sampaikan sejak awal tahun.

Sementara itu, Andersson telah menggantikan Lofven sebagai pemimpin partai Sosial Demokrat sejak pekan lalu.

Parlemen Swedia dijadwalkan akan menggelar pembicaraan dengan semua pihak dan mengadakan konferensi pers pada pukul 14.45 waktu Stockholm terkait pengganti Lofven.

“Kami mengadakan pemilihan hanya dalam waktu setahun dan penting bagi kami untuk menjalankan serah terima secara cepat,” kata Lofven.

“Saya pikir pemilih ingin (pergantian kepemimpinan) ini berjalan dengan lancar,” paparnya menambahkan.

Namun, masih belum jelas apakah Andersson memiliki dukungan yang cukup untuk melewati pemilihan suara di parlemen. Pemungutan suara dikabarkan akan dilakukan minggu depan.

Andersson sendiri sebetulnya tidak membutuhkan suara mayoritas dari total 349 kursi parlemen untuk meneruskan jabatan sebagai perdana menteri. Namun, ia harus menghindari suara mayoritas yang menentangnya.

Jika parlemen Swedia menolak Andersson, pemimpin Partai Moderat Ulf Kristersson mungkin akan menjadi kandidat perdana menteri selanjutnya. (CNN/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.