Selasa, 29 November 22

Percepatan Penyerapan Anggaran Mendesak Dilakukan

Percepatan Penyerapan Anggaran Mendesak Dilakukan

Padang, Obsessionnews – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Redonnyzar Moenek berjanji akan fokus untuk melakukan percepatan penyerapan anggaran di Sumatera Barat, selain menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sumatera Barat (Sumbar) yang digelar pada 9 Desember 2015.

Berdasarkan Sistem Monitoring dan Evaluasi Penyerapan Anggaran pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), anggaran yang dialokasikan Pemerintah Pusat pada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tahun ini, terserap dengan baik. Dari hasil tersebut terlihat bahwa, serapan dan realisasi anggaran di Sumatera Barat hingga awal Bulan Agustus menempati posisi ke 4 dari 34 Provinsi se Indonesia.

“Minggu awal Agustus, realisasi dan serapan anggaran oleh Pemprov Sumatera Barat menempati posisi 4, yang pertama ditempati Provinsi Kalimantan Tengah dengan serapan mencapai 46,8 persen. Saya saat itu masih Dirjen Bina Keuangan Daerah di Kemendagri, jadi selalu memonitor,” kata Reydonnizar Moenek sesat setelah sampai di Bandara International Minangkabau (BIM), Minggu (16/8).

Pj Gub Sumbar2

Serapan anggaran harus terus ditingkatkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang masih tertekan akibat pelemahan ekonomi global, serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika.

“Ekonomi kita mengalami tekanan akibat pelemahan ekonomi global, ditambah depresiasi rupiah. Konsumsi terbatas, investasi terbatas. Untuk itu Mendagri telah menginstruksikan agar Pemerintah Provinsi, Kbaupaten/Kota melakukan percepatan serapan anggaran. Itu solusi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Tercatat Rp 660 Triliun anggaran pusat digelontorkan ke daerah, Rp 333 Trilliun sudah sampai ke daerah, anggaran tersebut harus segera diserap untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah,” sebut Donny.

Redonnyzar Moenek berjanji selama memimpin Sumbar ke depan, berupaya menjaga hubungan baik dan harmonisasi dengan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) dalam membangun kondusifitas di daerah. Mempererat hubungan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sebagai pelayan masyarakat, ai akan berupaya menyerap aspirasi rakyat melalui tokoh masyarakat, ulama dan organisasi masyarakat. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.