Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Percepat PTSL, 100 Patok Batas Tanah Dipasang di Jakarta Selatan

Percepat PTSL, 100 Patok Batas Tanah Dipasang di Jakarta Selatan
* Sekjen Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Kakanwil BPN DKI Jakarta, Wartomo, Kakan BPN Jakarta Selatan, Sigit Santosa, Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin, menyaksikan pemasangan patok batas tanah di Kelurahan Petukangan, Jakarta Selatan. (Foto: dok Humas Kemen ATR/BPN)

Obsessionnews.com – Pada Jumat (03/02/2023), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) dengan pemasangan 1 juta patok batas tanah secara serentak di 33 provinsi, termasuk Provinsi DKI Jakarta. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto hadir secara langsung menyaksikan pemasangan patok batas bidang tanah yang diadakan di halaman Masjid Al Huda, Petukangan, Jakarta Selatan.

Sesuai dengan slogan GEMAPATAS “Pasang Patok, Anti Cekcok, Anti Caplok”, kegiatan ini adalah upaya pengamanan aset atas bidang tanah, sekaligus mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sehingga masyarakat mendapatkan kepastian hukum hak atas tanahnya.

“Ini adalah dalam rangka menyukseskan program PTSL, yaitu mengajak masyarakat untuk memasang patok sehingga memudahkan nantinya tim BPN untuk mengukur dan memetakan seluruh bidang tanah yang ada,” ungkap Himawan Arief Sugoto.

Sebanyak 100 patok batas bidang tanah dipasang di Jakarta Selatan dari target keseluruhan DKI Jakarta, yaitu 200 patok batas bidang. Patok dipasang oleh masing-masing pemilik tanah dengan persetujuan pemilik tanah yang berbatasan. “Hanya 100 patok batas tanah yang kita pasang hari ini. Karena memang Jakarta ini hampir semuanya sudah terdaftar, tinggal beberapa persen lagi. Semoga dalam satu atau dua tahun ini Jakarta menjadi Kota Lengkap,” lanjut Himawan Arief Sugoto.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono yang ikut menyaksikan proses pemasangan patok serta turut memberikan apresiasinya. “Barusan bersama-sama memasang patok beberapa rumah warga, masuk gang sehingga jelas gangnya milik siapa, kavelingnya milik siapa. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pak Menteri, nanti berkenan kita lanjutkan ke titik-titik berikutnya,” ujar Heru Budi Hartono.

Sebagai upaya mendukung penuh percepatan program PTSL, pada kesempatan yang sama diadakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Ajudikasi PTSL dan Satgas Tahun 2023 Kantor Pertanahan Jakarta Selatan.

“Panitia Ajudikasi ini adalah sebagai sarana untuk melaksanakan kegiatan PTSL dan mempercepat segala program yang ada di Jakarta Selatan,” tutur Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Wartomo.

Adapun hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi DKI Jakarta; Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Sigit Santosa; dan Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.