Jumat, 19 Agustus 22

Percepat Pendaftaran Tanah, Kementerian ATR/BPN Bersama Komisi II DPR RI Sosialisasikan Program Strategis di Banjarmasin

Percepat Pendaftaran Tanah, Kementerian ATR/BPN Bersama Komisi II DPR RI Sosialisasikan Program Strategis di Banjarmasin
* Kementerian ATR/BPN Bersama Komisi II DPR RI Sosialisasikan Program Strategis di Banjarmasin. (Foto: Humas Kemen ATR/BPN)

Banjarmasin, Obsessionnews.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) kembali menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Strategis Nasional (PSN) Kementerian ATR/BPN. Kali ini, pelaksanaan sosialisasi berlokasi di Rattan Inn Hotel, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (09/04/2022). Sosialisasi ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat, sekaligus mendukung percepatan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang saat ini tengah digencarkan oleh Kementerian ATR/BPN.

Hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi ini, Anggota Komisi II DPR RI, Aida Muslimah. Ia mengatakan, dalam kurun waktu 5 tahun, melalui program PTSL, Kementerian ATR/BPN mampu mendaftarkan sekitar 34,5 juta bidang tanah di seluruh Indonesia. Capaian ini setara dengan 44 tahun pendaftaran tanah sebelum adanya PTSL. Dengan total 126 juta bidang tanah di seluruh Indonesia, maka target tahun 2025 seluruh bidang tanah terdaftar akan terus didukung oleh Komisi II DPR RI.

“Dalam melaksanakan PTSL, Kementerian ATR/BPN didukung oleh Komisi II DPR RI, dengan penyediaan anggaran kerja kementerian yang cukup. Melalui fungsi anggaran, Komisi II DPR RI, selaku mitra kerja Kementerian ATR/BPN berperan mendukung percepatan pendaftaran tanah bagi masyarakat melalui program PTSL,” ujar Aida Muslimah di depan masyarakat Banjarmasin yang hadir dalam Sosialisasi kali ini.

Lebih lanjut, ia menyatakan, PTSL bertujuan untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat dan juga sebagai akses kepada perbankan. “Selain itu, nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sertifikat tersebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya,” imbuh Aida Muslimah dikutip Obsessionnews.com Senin (11/4).

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalimantan Selatan, Alen Saputra mengajak masyarakat yang hadir pada sosialisasi kali ini untuk menyebarluaskan dan memberikan informasi kepada masyarakat lainnya yang belum mengetahui dan memahami program PTSL.

“Pada hari ini salah satu program PTSL kami sosialisasikan, yang di mana agar masyarakat lain khususnya di Banjarmasin ini mengetahui mengenai program ini. Harapan kami mudah-mudahan masyarakat dapat menyampaikan program kami kepada yang lain,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga pada Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Indra Gunawan menyampaikan bahwa Kementerian ATR/BPN tengah menjalankan transformasi digital. Masyarakat tidak perlu lagi untuk datang ke Kantor Pertanahan menanyakan layanan pertanahan, karena sudah ada aplikasi yang menunjang hal tersebut.

“Kalau dulu Anda harus datang untuk tanya tentang syarat-syarat pendaftaran tanah. Sekarang sudah tidak perlu, sudah mudah sekali bagaimana mengetahui proses pendaftaran tanah melalui aplikasi Sentuh Tanahku. Dan juga Kementerian ATR/BPN telah menyediakan kanal-kanal di media sosial kepada masyarakat untuk menanyakan seputar pertanahan,” pungkasnya.

Adapun dalam sosialisasi ini turut dihadiri oleh 100 peserta dan dilakukan penyerahan sertifikat tanah kepada 10 orang perwakilan oleh Anggota Komisi II DPR RI, Aida Muslimah didampingi Pejabat Pimpinan Tinggi Kementerian ATR/BPN yang hadir. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.