Sabtu, 16 Oktober 21

Perbaiki Layanan Transportasi, Kemenhub Akan Gunakan IT

Perbaiki Layanan Transportasi, Kemenhub Akan Gunakan IT

Jakarta, Obsessionnews – Untuk memperbaiki layanan transportasi nasional, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) berencana menggunakan teknologi informasi atau information technology (IT) pada sektor udara, darat dan laut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Informasi Publik Kemenhub, JA Barata dalam keterangan tertulis terkait sistem pengurusan izin terbang secara online (Flight Approval Online) di Jakarta, Senin (9/2/2015).

“Kemenhub akan terus berupaya melakukan berbagai perbaikan di sektor transportasi demi tercapainya pelayanan publik yang efisien, transparan, cepat dan akuntabel dengan pemanfaatan IT,” ujar dia.

Tidak hanya di sektor udara, lanjut Barata, perbaikan itu rencananya juga akan dilakukan di sektor laut dan darat. “Termasuk perkeretaapian,” tambah dia.

Menurut dia, penggunaan IT di Kemenhub merupakan langkah yang positif untuk memperbaiki pelayanan oprasional secara teknis. Termasuk pada hal yang bersifat administratif seperti administrasi keuangan dan penerapan e-office.

Sebagai informasi, selain meluncurkan Flight Approval Online, sebelumnya Kemenhub juga sudah meluncurkan sarana penyampaian pengaduan, keluhan dan informasi berbasis IT melalui program Contact Center Kemenhub 151 pada 16 Desember 2014 lalu.

“Peluncuran contact center tersebut terbukti telah berhasil menjadi media komunikasi yang efektif antara masyarakat dengan Kemenhub. Beberapa program lainnya yang juga telah berjalan yaitu penyederhanaan perizinan dan pelayanan satu pintu,” tambah dia. (Kukuh Budiman)

Related posts