Senin, 27 September 21

Perbaiki Drainase, Antisipasi Banjir

Perbaiki Drainase, Antisipasi Banjir

Padang, Obsessionnews – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengalokasikan anggaran Rp15 miliar dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016, untuk perbaikan drainase. Pemerintah Kota Padang dalam tahun 2015 sudah memulai perbaikan drainase untuk mengatasi banjir disejumlah titik apabila hujan terjadi.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Kota Padang, Herman H mengatakan, perbaikan drainase yang dilakukan dalam tahun ini, dapat mengurangi genangan air, pada saat hujan turun.

Alokasi anggaran yang ditetapkan pada APBD Kota Padang 2016 sebesar Rp15 miliar untuk perbaikan drainase Lubuk Buayo, drainase Gajah Mada, Simpang Haru dan Andalas.

“Meski secara keseluruhan anggaran yang tersedia belum mampu mengatasi rendaman banjir yang terjadi di Kota Padang. Namun, setidaknya telah mampu mengurangi sejumlah rendaman. Perbaikan drainse itu kelanjutan yang dilaksanakan tahun ini,” kata Herman H, Kamis, (26/11).

Herman mengatakan, masih banyak titik rendaman yang belum bisa diatasi secara permanen, terutama daerah yang rawan banjir seiring dengan naikanya air.

“Kita itu ada daerah yang berada dibawah permukaan laut. Jadi begitu pasang naik, disertai hujan, maka rendamannya akan tinggi,” sebut Herman.

Ia meminta kepada masyarakat supaya menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, agar drainase tidak tersumbat dan sedimen menumpuk.

Sementara itu, drainase yang telah dikerjakan pada 2015, yakni drainase Veteran senilai Rp4,2 miliar, drainase Gajah Mada senilai Rp1,9 miliar, drainase Diponegoro (taman Melati) senilai Rp1,2 miliar dan drainase Cendrawasih Rp1,1 miliar.

Selain drainase, enam daerih irigasi (DI) di Kota Padang juga mendapatkan anggaran rehabilitasi dan perbaikan senilai Rp20 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk DI Bungus Teluk Kabung, DI Kasang, DI Sungai Bangek, Koto Panjang, DI Limau Manih Pau dan DI Taratak Paneh. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.