Kamis, 26 Mei 22

Perawatan Kulit Kering dengan Bahan Alami

Perawatan Kulit Kering dengan Bahan Alami
* ilustrasi kulit kering. (pexels)

Entah disebabkan karena penuaan atau faktor lingkungan, yang jelas kulit kering sangat mengganggu. Kita harus melakukan perawatan agar tidak terganggu dengan efek kulit kering.

Kulit kering, atau disebut xerosis, merupakan kulit yang kekurangan kelembapan pada lapisan luar. Jika tidak diobati, kulit kering bisa pecah-pecah dan terinfeksi.

Untuk mengatasi kulit kering kita harus mengembalikan kelembabannya. Tidak perlu repot ke salon atau membeli produk kecantikan yang mahal, Anda bisa melakukannya di rumah dengan bahan-bahan yang murah meriah.

Hindari Hal Berikut Jika Tidak Ingin Kulit Kering
Untuk menjaga agar kulit tidak kering, sebenarnya ada beberapa hal yang yang dapat menyebabkan kulit kering atau iritasi. Antara lain:

– Terlalu lama berada di ruangan dengan Air Condition (AC)
– Terlalu sering mandi
– Mengeringkan kulit dengan handuk kasar
– Menggunakan pelembap yang terdapat alkohol
– Menggunakan pakaian yang kasar untuk kulit
– Terekspos deterjen

Bahan Alami Apa Saja?
Selain menghindari beberapa pemicu kulit kering, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit kering.

Menggunakan Minyak Biji Bunga Matahari
Memanfaatkan minyak alami sebagai perawatan untuk kulit kering memang menjadi cara paling mudah. Salah satu minyak yang dapat Anda manfaatkan adalah minyak biji bunga matahari, yang mengandung asam linoleat.

Minyak Kelapa
Minyak alami lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk kulit kering adalah minyak kelapa. Kandungan asam lemak jenuh didalam minyak kelapa, berfungsi untuk melembutkan kulit.

Minum Susu
Susu juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit kering, tapi bukan diaplikasikan secara langsung ke kulit, melainkan dengan mengonsumsinya. Didalam susu ditemukan kandungan lemak, dengan nama phospholipid, yang secara luas membantu memperkuat lapisan pelindung kulit.

Madu
Madu dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kulit. Anda bisa memanfaatkan madu untuk melembapkan kulit, mempercepat proses penyembuhan, dan juga anti-inflamasi. Dengan cara mengaplikasikannya langsung ke wajah, madu bisa Anda manfaatkan untuk memberikan kelembapan pada wajah.

Gel Lidah Buaya
Gel lidah buaya dapat membantu  mengatasi permasalahan kulit kering. Dengan mengaplikasikan gel lidah buaya langsung ke kulit, gel ini dapat membantu Anda menenangkan sekaligus membuat kulit terasa lebih lembap. (Dream/Red)

Sumber: medicalnewstoday.com

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.