Selasa, 6 Desember 22

Perang Dagang AS dan China, PBRX: Dijalani Saja

Perang Dagang AS dan China, PBRX: Dijalani Saja
* Ilustrasi perang dagang antara USA dengan China. (Foto: lensaindonesia.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketegangan perang dagang antara United State of America (USA) atau Amerika Serikat (AS) dengan China berdampak besar terhadap perekonomian negara-negara berkembang di dunia, termasuk Indonesia.

Namun itu tidak berlaku untuk  produsen garmen PT Pan Brothers Tbk (PBRX) soal lemahnya rupiah akibat perang dagang tersebut.

Baca juga: Penjualan PBRX Sepanjang 2019 Naik 10,02%

Vice Chief Executive Officer Pan Brothers Anne Patricia Sutanto mengaku tak terlalu mengambil pusing soal melemahnya rupiah akibat trade war AS dan China tersebut.

“Bagi PBRX ini semua dijalani saja, untuk melemahnya rupiah akan memperkecil biaya rupiah tetapi ini hanya short term (jangka pendek). Trade War juga membuka peluang bagi Indonesia yang netral dan bisa menerima manfaat dari ini,” ungkap Anne saat paparan publik di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Dia menjelaskan, komposisi ekspor ke Amerika Serikat sampai dengan September 2019 secara persentase naik signifikan menjadi 37.6 % dari 25.5 % di 2018. “Ini membuktikan dampak positif dari USA vs China trade war,” tegasnya.

Perang dagang antara Amerika Serikat dengan China berdampak besar terhadap perekonomian negara-negara berkembang di dunia, termasuk Indonesia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.