Sabtu, 18 September 21

Perancis Beri Jaminan Keamanan Kepala Negara Peserta COP21

Perancis Beri Jaminan Keamanan Kepala Negara Peserta COP21

Jakarta, Obsessionnews – Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengkonfirmasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Perubahan Iklim (Conference of Parties/COP) 21 di Paris, Perancis. Presiden bersama delegasi Indonesia akan betolak ke Perancis, Minggu, 29 November 2015.

“Rencananya kembali ke Jakarta Rabu siang. Acara sebenarnya satu hari penuh betul-betul padat,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (27/11/2015).

Perancis belum lama ini menjadi sasaran aksi teror kelompok ekstrem hingga menewaskan lebih dari seratus orang dan banyak orang mengalami luka-luka. Pramono mengatakan pemerintah setempat sudah memberi jaminan keamanan bagi kepala-kepala negara peserta.

“Mereka (Perancis) secara khusus memberikan jaminan, maka kemudian sebelum COP21 ini, keamanan masuk Paris, Perancis akan sangat ketat,” katanya.

Sedikitnya 130 kepala negara akan menghadiri forum internasional itu. Mereka yang sudah konfirmasi hadir diantaranya Presiden Jokowi, Presiden AS Barack Obama, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Rusia Putin.

“Dan karena yang datang juga kepala-kepala negara yang sangat berpengaruh di dunia global, saya yakin ini akan keamanan yang sangat ekstra,” ucap dia.

Kehadiran Presiden Jokowi sekaligus akan memberikan dorongan moral dalam upaya perang melawan terorisme. Dalam forum itu juga kepala negara akan menyampaikan isu mengenai Indonesia yang rentan terhadap perubahan iklim dan masalah kebakaran hutan.

“Tentunya karena ini kehadiran kepala negara skaligus support moral walaupun COP21 berisukan karbon emisi dan menurut saya kehadiran ini sangat positif bagi kebersamaan,” tandas Pramono. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.