Jumat, 19 April 24

Peran Ulama Cukup Signifikan Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Peran Ulama Cukup Signifikan Menangkan Jokowi-Ma’ruf
* Pengamat politik dari President University Muhammad AS Hikam. (Foto: dok. pribadi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) menggandeng ulama karismatik KH Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Duet capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf berhadapan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma’ruf bernomor urut 01, sedangkan Prabowo-Sandi bernomor urut 02.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pilpres pada Selasa (21/5/2019) dini hari. Jokowi-Ma’ruf memenangkan pesta demokrasi itu dengan meraih 85.607.362 suara atau 55,5 persen, sementara Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 suara atau 44,5 persen.

Pengamat politik dari President University Muhammad AS Hikam mengatakan, kemenangan pasangan calon (paslon) 01 sangat ditentukan oleh keberhasilan Presiden Jokowi dalam masa bakti satu dalam pembangunan ekonomi, khususnya infrastrukrur.

“Yang kedua adalah karena penantangnya, paslon 02, masih belum mampu memberikan alternatif yang menarik (appealing) bagi pemilih
potensial. khususnya kaum milenial yang merupakan mayoritas,” tutur Hikam ketika dihubungi obsessionnews.com, Rabu (19/6/2019).

Ia mengungkapkan, peran ulama khususnya dari Nahdlatul Ulama (NU) cukup signifikan, karena berhasil menyatukan suara nahdliyyin yang solid mendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Memang ada kantong-kantong NU yang mendukung 02, tetapi tak terlalu signifikan,” tandas Hikam. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.