Kamis, 9 April 20

Peran KUKM akan Didorong untuk Dukung Pariwisata Prioritas

Peran KUKM akan Didorong untuk Dukung Pariwisata Prioritas
* Pemerintah akan melibatkan penuh peran koperasi dan UKM untuk mendorong kunjungan wisatawan ke daerah-daerah wisata prioritas.

Belitung, Obsessionnews.com – Pemerintah akan melibatkan penuh peran koperasi dan UKM untuk mendorong kunjungan wisatawan ke daerah-daerah wisata prioritas, satu di antaranya di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Langkah ini sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi agar kementerian dan lembaga mendukung pembangunan infrastruktur dan pariwisata khususnya di 10 destinasi prioritas.

“Daerah wisata akan didorong agar koperasi dan UKM mengambil peran. Karena sektor ini sangat baik dikembangkan. Mulai dari kuliner, suvenir, trasportasi hingga penginapan,” kata Deputi Kelembagaan Kemenkop UKM, Meliadi Sembiring, di Belitung, Jumat (17/2/2017).

Menurutnya, pengembangan koperasi di daerah wisata sangat efisien dibandingkan jika KUKM bergerak sendiri sendiri, akibat sulitnya bersaing.

Meliadi mengatakan, nantinya para wisatawan baik domestik maupun mancanegara mulai dari kedatangan, menginap, makanan hingga oleh-oleh serta kepulangan, akan dipenuhi oleh Koperasi dan UKM.

“Koperasi yang dibutuhkan wisatawan. Mulai dari datang hingga kebutuhan wiisatawan,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Belitung akan terus mengembangkan sektor Koperasi dan UKM untuk menunjang potensi pariwisata di daerah Laskar Pelangi ini.

“UKM dan koperasi ini perlu dikembangkan untuk memberi kesejahteraan rakyat,” tukas Wakil Bupati Belitung Erwandi A. Rani.

Ia mengakui pariwisata di Belitung terus meningkat dari 260 ribu pengunjung di tahun 2015 meningkat 20 persen atau lebih dari 30 ribu pengunjung di tahun 2016.

“Potensi pariwisata yang sangat bagus harus dimanfaatkan oleh koperasi dan UKM,” tegasnya.

Sebelumnya pemerintah menargetkan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara di Tanah Air pada 2019 sebanyak 20 juta orang.

Untuk mengejar target jumlah wisatawan asing itu, pemerintah memprioritaskan 10 destinasi wisata yang disebut sebagai 10 Bali Baru. Destinasi tersebut adalah Danau Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Bromo, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi dan Morotai. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.