Kamis, 30 Juni 22

Peran Ibu Sangat Penting Untuk Lengkapi Gizi Anak

Peran Ibu Sangat Penting Untuk Lengkapi Gizi Anak
* Ibu dan anak. (foto: hellosehat.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Salah satu gizi penting yang harus dipenuhi anak adalah protein hewani. Saat ini, konsumsi nutrisi tersebut dirasa masih kurang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Orangtua di Indonesia selama ini masih lebih terfokus pada bagaimana memenuhi asupan daging. Padahal, pemenuhan protein hewani tidak harus selalu dari daging seperti sapi.

Salah satu alternatif cara untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, selain daging dan ikan, adalah dengan menyediakan susu bubuk pertumbuhan yang memiliki manfaat gizi yang dibutuhkan oleh anak.

Dalam keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com, Selasa (30/4/2019) Ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Asih Setiarini mengatakan, susu banyak mengandung kalsium dan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

“Proteinnya juga banyak dan susu merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik, ” ujar Asih.

Namun dalam mengonsumsi ini juga harus diimbangi dengan pola makan gizi seimbang. Contohnya menerapkan ‘Isi Piringku’ seperti yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sayangnya, Asih masih melihat banyak anak di berbagai wilayah di Indonesia yang masih terkena stunting. Salah satunya karena kurangnya edukasi pada ibu itu sendiri.

“Pengetahuan ini nanti larinya ke praktik. Walau pengetahuannya tinggi, aplikasinya juga harus berjalan,” tuturnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Specialized Nutrition yang juga Director PT Frisian Flag Rivanda Idiyanto mengatakan, ibu berperan besar bagi pemenuhan gizi anak-anak. Di samping bagaimana pihaknya berfokus menyediakan kecukupan nutrisi bagi anak lewat susu.

“Kami melihat pentingnya pemberdayaan ibu sebagai figur sentral dalam keluarga. Ibu adalah mesin penggerak bagi masa depan anak, ” kata Rivanda.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Hendra Jamal mengatakan, peran ibu dirasa luar biasa agar pemenuhan gizi anak dan menjadi generazi emas. Hal ini juga menjadi usaha untuk melindungi serta pemenuhan hak anak.

“KPPPA percaya bahwa gerakan edukasi dan peningkatan keterampilan ibu merupakan salah satu cara yang bermanfaat agar anak diberikan asupan gizi yang baik untuk mencegah stunting dan menyiapkan generasi emas di masa depan, ” kata Hendra dalam kesempatan yang sama.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka stunting turun menjadi 30,8 persen dari 37,2 persen (Riskesdas 2013). Namun, Angka ini masih jauh dari angka bebas stunting yang ditentukan World Health Organization (WHO) yaitu 20 persen.

Maka dari itu, dibutuhkan lebih banyak edukasi dan literasi pada ibu agar lebih terampil dalam membantu mempersiapkan masa depan anak yang lebih sehat dan lebih baik. Termasuk bagaimana soal pemenuhan gizi seimbang pada anak. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.