Minggu, 5 Desember 21

Penyuap Fuad Amin Divonis Dua Tahun Penjara

Penyuap Fuad Amin Divonis Dua Tahun Penjara

Jakarta, Obsessionnews – Pengadilan Tipikor Jakarta membacakan putusan akhir terhadap Direktur PT Media Karya Sentosa, Antonius Bambang Djatmiko. Dalam putusan tersebut majelis menjatuhkan vonis selama dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsidair dua bulan kurungan terhadap penyuap Ketua DPRD Bangkalan nonaktif Fuad Amin Imron itu.

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut sesuai dakwaan primer,” ujar Ketua Majelis Hakim, Prim Haryadi, saat membacakan putusan, Senin (20/4/2015).

Majelis menganggap terdakwa terbukti menyuap Fuad sebesar Rp 15,05 miliar agar Fuad, yang saat itu menjabat sebagai Bupati Bangkalan, memuluskan perjanjian konsorsium kerja sama jual-beli gas di Bangkalan, Jawa Timur antara PT MKS dan PD Sumber Daya.

“Uang itu merupakan balas jasa karena Fuad Amin telah mengarahkan terjadinya kerja sama antara PT MKS dan Perusahaan Daerah Sumber Daya (PD SD),” jelas hakim.

Kasus ini bermula ketika PT MKS mengajukan permohonan mendapatkan alokasi gas bumi di Blok Poleng Bangkalan kepada Kodeco Energy Co LTd pada Fuad pada tahun 2006. Presiden Direktur PT MKS Sardjono menemui Fuad Amin untuk menghindari perselisihan persaingan dengan pemerintah kabupaten.

Fuad lantas meminta PT MKS bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui PD SD agar bisa membeli gas alam dari PT Pertamina EP di Blok Poleng Bangkalan, yang dioperasikan oleh Kodeco.

PT MKS menyepakati perjanjian konsorsium dengan PD SD, yang di antaranya memuat klausul tentang pembagian keuntungan. Sebesar 6 persen dari total margin yang didapat PT MKS harus diberikan kepada PD SD. Pembagian keuntungan dengan PD SD inilah yang menjadi kedok suap kepada Fuad.

Antonius diganjar melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf b subsidair Pasal 13 UU No 31 Tahun 1999 tentang tentang Pemberantasan Tindak Pidan Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana jo pasal 64 ayat 1 KUHPidana.‎ (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.