Sabtu, 20 April 24

Penyidik Juga Tetapkan Pemilik Chiropratic Jadi Tersangka

Penyidik Juga Tetapkan Pemilik Chiropratic Jadi Tersangka

Jakarta, Obsessionnews – Selain menetapkan dr Randal Cafferty, Penyidik Polda Metro Jaya juga menetapkan Kan Wai Ming sebagai tersangka. Kan Wai Ming adalah warga Malaysia, sekaligus pemilik Klinik Chiropactic First di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Dr-Matt-Kan-Wai-MingKan Wai Ming dianggap bersalah melakukan tindak pidana ‎karena mempekerjakan dr Randall tanpa izin yang jelas. Yang bersangkutan bisa dikenakan pasal tentang keimigrasian dan ketenagakerjaan dengan ancaman empat tahun penjara.

‎”Dikenakan Pasal 22 Undang-undang Keimigrasian, Pasal 185 juncto Pasal 42 ayat 1 dan ayat 2 Undang-undang 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” kata Direktur Kriminal Reserse Umum Komisaris Besar Krishna, di kantornya, Kamis (15/1/2016).

‎Sementara Randall ditetapkan menjadi tersangka dengan dijerat pasal berlapis. Ia diduga melanggar Pasal 122 huruf a Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, ancaman hukumannya lima tahun; Pasal 191 Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, ancaman hukumannya satu tahun.

Klinik Chiropractic First Jakarta disegel pemerintah
Klinik Chiropractic First Jakarta disegel pemerintah

Selain itu, polisi juga mengaitkan dan dengan Pasal 83 dan Pasal 84 ayat 2 Undang-undang nomor 36 tahun 2014, karena orang yang bukan tenaga kesehatan mengakibatkan kematian, ancamannya 6 tahun penjara; serta Pasal 77 tentang praktek kedokteran dan Pasal 73 ayat 2, dokter melanggar perizinan, ancamannya lima tahun.

“Semua pasal ini diakumulasikan karena kesalahannya yang menyebabkan kematian. Ancaman selama-lamanya lima tahun penjara,” jelas Krisna.

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka setelah polisi melakukan autopsi atas jenazah Allya Siska Nadya yang sudah dikubur selama lima bulan. Dari hasil otopsi ditemukan ada pendarahan di tulang leher, yang menyebabkan aliran darah tersumbat ke otak. Ini duduga sebagai bentuk kesalahan medis yang dilakukan Randall.

Khrisna mengungkapkan, pihaknya sudah memerintahkan untuk segera dilakukan penangkapan kepada dua orang tersebut. Kan Wai dikabarkan berada di Malaysia, sementara Randall dikabarkan masih berada di Indonesia.

randallll

Randall Cafferty

Seperti diketahui, Siska meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (7/8/2015). Dia diduga menjadi korban malpraktik yang dilakukan terapis asal Amerika Serikat, dr Randall Cafferty, di Chiropractic First kawasan Pondok Indah Mal, Jakarta, Kamis (6/8). Kasus dugaan malpraktik ini  pertama kali diberitakan di situs berita Obsessionnews.com, Senin, 4 Januari 2016, pukul 17.43 WIB, dengan judul Allya Siska, Gadis Cantik Wafat Setelah Terapi, baru kemudian diberitakan oleh berbagai media massa. (Albar)

Seiring kasus Siska, Obsessionnews.com ingin menjaring pendapat Anda sebagai pembaca. Masihkah Anda memilih chiropractic sebagai alternatif pengobatan? Kami persilakan Anda untuk berpartisipasi dalam polling ini.

[dyamar_poll id=”3″]

Baca juga:

Allya Siska, Gadis Cantik Wafat Setelah Terapi
Bayar Pengobatan 17 Juta, Siska Malah Meninggal
Salah Terapi di Chiropractic, Nyawa Adikku Melayang 6 Jam
Siska dan Dunia Sosmed
Kasus Malpraktik Siska, IDI Belum Dipanggil Polda
Anggota DPR ini Nyaris Jadi Korban Tewas Mirip Siska
Kasus Siska, DPR Sarankan Pihak Korban Gugat Dinas Pariwisata
Ternyata, Siska Tidak Pernah Mau Merepotkan Orangtua
Meninggalnya Siska Mengagetkan Teman-temannya
Kasus Siska, Kejanggalan Klinik First Chiropractic Terbongkar
Belajar dari Kasus Siska, Hati-hati Memilih Tempat Berobat!
Izin Klinik Kesehatan Masih Amburadul, Nyawa Siska Melayang
‘Pembunuh’ Siska Diduga Kabur, Polisi Sudah Proses Hukum
Terapis ‘Pembunuh’ Siska Tersangkut Kasus Malpraktik di AS
Akhirnya, Ketahuan Klinik Siska Meninggal Tak Punya Izin
Metode Chiropractic Ternyata Sudah Makan Korban Sejak Lama

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.