Kamis, 5 Agustus 21

Penyempitan Katup Aorta Jantung Dapat Akibatkan Kematian

Penyempitan Katup Aorta Jantung Dapat Akibatkan Kematian
* Ilustrasi jantung manusia. (Foto: intisari.grid.id)

Penyakit jantung merupakan penyakit paling mematikan di dunia. Jumlah penderita penyakit jantung terus bertambah, sehingga pencegahan dan perawatannya perlu menjadi prioritas utama baik bagi institusi kesehatan dan masyarakat yang peduli pada kesehatan.

 

Salah satu yang banyak terjadi adalah kasus penyempitan katup aorta akibat penuaan. Ketika penyempitan katup semakin parah, seseorang biasanya sering mengalami sesak napas, pingsan dan ketidaknyamanan. Jika terjadi gejala ini,sekitar 50% pasien akan meninggal. Penyempitan katup aorta jantung dapat mengakibatkan kematian apabila tidak ditangani dengan baik. Sebagai tindakan penanganan, pasien biasanya menjalani operasi jantung terbuka untuk mengganti katup yang telah rusak. Perbaikan katup jantung dilakukan dengan dua cara, yaitu menutup katup yang mengalami kebocoran, atau memperbaiki dan memperlebar bukaan katup yang mengalami penyempitan atau kekakuan.

 

Baca juga:

Muhadjir Sebut Keberadaan RS Siti Khodijah Sangat Bermanfaat untuk Penanganan Penyakit Jantung di Jatim

Bersepeda Cara Tepat Hindari Penyakit Jantung

Gigi Berlubang Bisa Picu Penyakit Jantung?

 

Salah satu prosedur yang baru dalam perbaikan katup jantung adalah tanpa bedah, Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI) /Transcatheter Aortic Valve Replacement (TAVR). TAVI/TAVR adalah prosedur bedah minimal untuk memperbaiki katup jantung tanpa mengganti katup lama yang tua dan rusak. Opsi ini merupakan tindakan invasif minimal pada stenosis katup aorta yang mengalirkan darah dipompa keluar jantung ke seluruh tubuh.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.