Selasa, 5 Maret 24

Penyelidikan Kasus Pajak Anaknya Bikin Presiden Biden Pusing Jelang Pilpres AS

Penyelidikan Kasus Pajak Anaknya Bikin Presiden Biden Pusing Jelang Pilpres AS

Perubahan baru yang tiba-tiba dalam penyelidikan terhadap Hunter Biden berarti kesengsaraan hukumnya kemungkinan akan berlangsung selama berbulan-bulan, menciptakan hambatan baru yang tidak diinginkan oleh Gedung Putih dan tawaran pemilihan ulang ayahnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Berikut analisis oleh Stephen Collinson dari CNN :

Beberapa minggu lalu, bayang-bayang kecurigaan kriminal atas Hunter Biden sepertinya akan terangkat. Tetapi pengangkatan David Weiss, jaksa penuntut yang menyelidiki putra Presiden Joe Biden, ke status penasihat khusus Presiden AS pada Jumat (11/8/2023), sama pentingnya untuk alasan simbolis dan politis seperti halnya alasan hukum.

Status baru memberinya kekuatan ekstra untuk memperluas penyelidikan Hunter Biden, berpotensi ke negara bagian lain di luar wilayahnya saat ini sebagai pengacara AS di Delaware.

Perubahan status tersebut menyusul runtuhnya kesepakatan bulan lalu yang kemungkinan besar akan membuat Hunter Biden dijatuhi hukuman percobaan setelah mengaku bersalah atas dua tuduhan pelanggaran pajak. Kesepakatan itu juga akan mencakup pengaturan yang akan menyelesaikan tuduhan kejahatan senjata.

Weiss mengatakan dalam pengajuan pengadilan pada hari Jumat bahwa negosiasi untuk merestrukturisasi kesepakatan – yang dikhawatirkan hakim tidak konstitusional – kini telah mencapai “kebuntuan” dan kemungkinan besar akan ada persidangan.

Prospek putra presiden diadili, di bawah sorotan media yang mencolok, akan menjadi gangguan mimpi buruk bagi Gedung Putih mana pun, apalagi berpotensi  selama kampanye pemilihan ulang.

Itu juga akan memperpanjang kerugian pribadi presiden dan keluarganya dari penyelidikan terhadap putra satu-satunya yang masih hidup, seorang pecandu yang sedang dalam pemulihan, yang telah berlangsung selama lima tahun.

Tontonan seperti itu bisa sangat merusak Joe Biden, yang dikatakan mantan Jaksa Agung Alberto Gonzales di “The Lead with Jake Tapper” CNN pada Jumat bahwa kesepakatan pembelaan baru tidak dapat dikesampingkan.

“Risiko (uji coba) berpotensi jauh lebih besar untuk Hunter Biden, itu juga buruk bagi ayahnya … apakah putranya benar-benar ingin mengadili presiden di tengah kampanye?” kata Gonzales, yang bertugas di pemerintahan George W. Bush.

Implikasi hukum yang tepat dari permintaan Weiss hanya akan menjadi jelas sepenuhnya dalam beberapa minggu mendatang.

Ada pertanyaan, misalnya, mengapa Weiss meminta status barunya yang lebih tinggi setelah siap untuk membuat kesepakatan pembelaan dengan Hunter Biden dan mengatakan sebelumnya dia tidak membutuhkan kekuatan penasihat khusus.

Dan mengapa Jaksa Agung Merrick Garland memutuskan bahwa inilah saatnya, sesuai dengan undang-undang penasihat khusus dalam undang-undang AS, ada cukup tuduhan kriminal untuk diselidiki serta potensi konflik kepentingan dalam menjaga Weiss di bawah pengawasan langsung Kehakiman. Departemen?

Pengacara Hunter Biden, Abbe Lowell, mengatakan kepada Kaitlan Collins dari CNN pada “The Source” Jumat bahwa meskipun gelar Weiss telah berubah, fakta dari kasus tersebut tidak berubah.

Setelah lima tahun, dari apa yang dia gambarkan sebagai salah satu investigasi paling menyeluruh yang pernah ada, Lowell mengatakan jaksa karier telah memutuskan bahwa satu-satunya dakwaan yang sesuai adalah pelanggaran pajak dan pengalihan senjata.

“Jadi, apa pun gelarnya, dan apa pun yang terjadi selanjutnya, kami yakin itu harus menjadi kesimpulan yang sama,” katanya.

Pertanyaan lain untuk Weiss juga seputar masalah mengapa penyelidikan yang dimulai pada pemerintahan Trump membutuhkan waktu lama untuk mencapai kesimpulan dan apakah status barunya mendorong langkah di luar pajak dan biaya senjata yang dihadapi Hunter Biden dan ke dalam aktivitas bisnisnya atau beberapa daerah lainnya. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.