Jumat, 7 Oktober 22

Penyederhanaan Izin Impor Tengah Dilakukan

Penyederhanaan Izin Impor Tengah Dilakukan

Jakarta, Obsessionnews – Karena selama ini izin berbelit, maka penyelundupan komoditi marak dilakukan. Makanya, pemerintah saat ini tengah melakukan deregulasi serta penyederhanaan izin.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong, pada Rapat Kerja Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang perdagangan dan hubungan luar negeri, Senin (19/10), mengatakan, pihaknya selalu mencoba pendekatan realistis dan ramah termasuk menyerahkan kepada mekanisme pasar.

Dia bilang, kalau ada distorsi pada sisi bea atau perizinan, maka penyelundupan sulit dicegah. Sebaliknya, jika semua dipermudah, sederhana dan cepat, maka penyelundupan berhenti dengan sendirinya.

Selanjutnya kata Lembong, pemerintah tidak mungkin menjaga ketat tiap pelabuhan dalam mencegah penyelundupan. Tapi, dengan ditegakkannya regulasi, aktifitas ilegal itu dapat dihentikan.

Dalam mempermudah perizinan, Kementerian Perdagangan terus memangkas serta mengubah aturan agar lebih sederhana. Caranya, dengan meng-online-kan tiap peraturan.

Menurut Lembong, kalau masih menggunakan kertas dalam menegakkan regulasi, berkas sering hilang.  (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.