Rabu, 2 Desember 20

Penyebab Sakit Jantung Bukan Minum Es, Tapi Makanan Berlemak!

Penyebab Sakit Jantung Bukan Minum Es, Tapi Makanan Berlemak!
* Ilustrasi - minum air es. (Foto : theAsianparent)

Beredar pesan di medsos/WhatsApp ‘Minum Es Menyebabkan Sakit Jantung’. Benarkah? Ternyata, pesan tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya alias hoax.

Berikut ini konfirmasi dari dokter Yoga Yuniadi SpJP, spesialis jantung dan pembuluh darah di RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita.

Menurutnya, pesan yang menyebutkan minum es menyebabkan sakit jantung tersebut tidaklah benar.

“Di dalam tubuh atau saluran cerna, semua asupan makanan dan minuman akan mengalami penyesuaian suhu. Yang dingin dihangatkan, yang panas disesuaikan,” terang dokter yang juga praktek di RS Khusus Jantung Diagram Depok ini.

Lebih lanjut dokter Yoga menjelaskan bahwa zat makanan yang sudah sesuai dengan suhu tubuh akan diserap ke dalam darah.

“Jadi, bukan soal suhu tapi soal kandungan gizi zat makanan. Kalau makanan itu banyak mengandung kolesterol, baik dalam suhu dingin maupun panas, maka tetap akan menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner.”

Jika ingin jantung bisa lebih sehat lagi, dokter Yoga juga menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolestrol dalam darah dan karbohidrat.

Misalnya, minyak goreng yang telah digunakan berulang kali dan daging merah. Yang jelas, kedua makanan tersebut tak ada hubungannya dengan es batu.

Penjelasan dari dokter spesialis jantung ini menegaskan bahwa kabar minum es menyebabkan sakit jantung adalah hoax. Sebaiknya kita mulai berhati-hati dalam membagi pesan WhatsApp yang berkaitan dengan informasi kesehatan.

Tanyakan lebih dahulu kebenarannya pada dokter atau mencari tahu lebih lanjut lewat berbagai jurnal kesehatan yang terpercaya.

Oleh karena itu, jangan sampai kesalahan informasi seputar isu kesehatan justru mencelakakan kesehatan Anda.(Theasianparent/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.