Minggu, 24 Oktober 21

Penyakit DBD Mulai Menyerang Warga Mimika

Penyakit DBD Mulai Menyerang Warga Mimika

Timika, Obsessionnews – Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika menumukan kasus demam berdarah (DBD) yang menyerang salah seorang warga. Munculnya kasus baru ini membuat dinkes khawatir akan terjadi endemik DBD.

“Karena hasil kemarin kita temukan kasus itu dia (korban) tidak pergi kemana-mana,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua Saiful Taqin kepada wartawan di Timika, Jumat (20/3/2015).

Penyakit DBD di beberapa wilayah Provinsi papua sudah pada level endemik. Maka dinkes sangat menaruh perhatian agar penyakit jenis menular ini tidak menyebar ke masyarakat lain.

Saiful menghimbau warga agar perlu mengantisipasi menularnya penyakit DBD. Dengan cara melakukan 3M yaitu menguras, menutup tempat penampungan air serta menguburkan kaleng-kaleng bekas supaya tidak membuat nyamuk berkembang biak.

“Sekecil apapun itu harus diantisipasi supaya dia tidak bertelur disitu,” tutur dia.

Yang tidak kalah penting, kata Saiful yakni kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan tempat tinggal mereka. Karena menurutnya nyamuk jenis baru yang ditemukan belum lama ini sangat membahayakan, biasanya nyamuk itu menempal pada rerumputan.

“Jadi dia gak perlu air, itu yang kita temukan. Jadi semak-semak juga harus kita bersihkan,” kata Saiful. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.