Kamis, 1 Desember 22

Penumpang di Tanjung Perak Diprediksi Naik 5 Persen

Penumpang di Tanjung Perak Diprediksi Naik 5 Persen

Surabaya, Obsessionnews – Arus mudik dan balik di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur meningkat. Khususnya transportasi kapal laut dari kawasan timur Indonesia masih menjadi primadona.

Selama musim mudik tahun ini diprediksi akan naik sebesar 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat ada 151.114 penumpang.

Jumlah pemudik yang tiba dan berangkat (debarkasi dan embarkasi) di pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terhitung dari H-15 (2 Juli) hingga hari H (Idul Fitri 1436 H/17 Juli) mencapai 82.313 orang.

“Meningkat 4,5 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2014 yang sejumlah 78.765 orang,” ungkap Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto, Rabu (22/7/2015).

Ia menjelaskan, angkutan Lebaran tahun 2014 juga terjadi peningkatan sebesar 6,3 persen dibandingkan tahun 2013 yang sejumlah 77.440 orang.

“Hingga H+3 tercatat ada 88.176 penumpang atau meningkat 4,4 persen dibandingkan H+3 tahun lalu yang sebesar 84.427 orang”, jelas Edi.

Edi menambahkan, pemudik penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, sebagian besar merupakan pemudik asal Makassar, Sulawesi Selatan dan dari sejumlah pelabuhan besar di Pulau Kalimantan seperti Batulicin, Balikpapan, Kumai, dan Sampit.

“Inilah mengapa pemerintah terus mendukung peningkatan pelayanan Terminal Gapura Surya Nusantara yang bergarbarata yang digadang-gadang menjadi gerbang kawasan timur Nusantara tersebut”, imbuhnya.

Lonjakan arus balik penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak akan terjadi pada Sabtu (25/7/2015). Sedikitnya ada jadwal keberangkatan tiga kapal Pelni, yakni KM Dorolonda tujuan Balikpapan dengan kapasitas 2.170 orang, KM Binaya tujuan Sampit dengan kapasitas 1.518 orang, serta KM Sinabung tujuan Makassar, Bau-Bau, Ambon, Ternate, dan Bitung dengan kapasitas mencapai 2.528 penumpang.

“Selain itu, sejumlah kapal milik swasta yang dijadwalkan berangkat pada hari yang sama”, paparnya.

Pelindo III_Pelabuhan Tanjung Perak_1

Untuk diketahui, sedikitnya ada 38 kapal yang dioperasikan selama musim mudik tahun ini. 15 kapal Pelni dan 23 kapal milik swasta, seperti kapal ro-ro dan kapal perintis. Seluruh kapal tersebut merapat di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak.

Sejumlah kapal perang TNI-AL juga tidak ketinggalan mendukung arus mudik dan balik bagi pemudik yang belum terangkut. Seperti KRI Teluk Hading, KRI Surabaya dan KRI Makassar. (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.