Rabu, 20 Oktober 21

Pentingnya Keragaman Kolektif pada Sebuah Kelompok

Pentingnya Keragaman Kolektif pada Sebuah Kelompok
* Hendrajit. (Foto: dok. pribadi)

Oleh: Hendrajit, Pengkaji Geopolitik Global Future Institute

Pentingnya keragaman kolektif pada sebuah kelompok selain untuk membuka berbagai pikiran alternatif dan cara pandang baru memecahkan masalah, sekaligus mencegah berkembangnya pikiran kelompok sehingga menutup dari dari pandangan orang luar.

Sewaktu mendiang John F Kennedy, presiden AS, memutuskan melancarkan invasi militer ke Teluk Babi, Kuba, untuk melengserkan Fidel Castro, merupakan sebuah contoh kisah kegagalan sebuah operasi yang begantung pada kesetiaan dan pemikiran kelompok.

Dala menyusun rapat perencanaan operasi, Kennedy hanya melibatkan sebuah tim ahli yang punya satu ragam pandangan, yaitu yang pro invasi ke Kuba. Pandangan yang bertujuan memberi perirngatan atas potensi gagalnya operasi, tidak dilibatkan. Unsur-unsur intelijen CIA maupun spesialis Kuba di Kemlu juga tidak dilibatkan. Sehingga para anggota di dalam tim ahli bentukan Kennedy seperti dipaksa untuk satu ragam pandangan dan pikiran.

Alhasil, beberapa fakta penting yang menjadi kekuatan utama Castro sebagai sasaran utama invasi, malah dibaikan. Seperti popularitas Castro di mata rakyat, kekuatan tentara, dan kondisi geografis pulau itu sendiri. Karena tidak ada perbedaan dan benturan pendapat atau sudut pandang di dalam tim, Kennedy mendapat masukan yang buruk sebagai bekal untuk melancarkan invasi.

Singkat cerita, kegagalan invasi ke Teluk Babi pada 1961, karena Kennedy jadi korban konsesus pura-pura di dalam tim ahli bentukannya sendiri. Korban dari pola pikir yang sama dalam kelompok. Konsensus tapak luar dipandang Kennedy sebagai kenyataan.

Pelajaran penting yang bisa kita tarik: Keragaman keahlian dan sudut pandang dalam kelompok, akan melahirkan kelompok yang bijaksana secara kolektif.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.