Minggu, 17 Oktober 21

Penting! Ini Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

Penting! Ini Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan
* Mengonsumsi air yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jakarta, Obsessionnews – Di kala musim hujan seperti saat ini, banyak orang yang kesehatannya terganggu. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti rutinitas yang cukup padat dan perubahan cuaca yang ekstrim. Selain itu, tubuh yang dipaksa beradaptasi dengan cepat dengan cuaca yang berubah drastis dari panas ke dingin juga bisa membuat kesehatan menjadi menurun. Jika tidak diperhatikan dengan baik, tubuh akan terserang penyakit yang lebih parah.

Ada beberapa penyakit yang biasa timbul saat musim hujan, di antaranya flu, batuk, penyakit kulit, dan demam berdarah. Jika penyakit tersbut menyerang, tentunya rutinitas Anda akan terganggu. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi Anda agar tetap fit.

Penuhi Cairan Tubuh

Banyak orang yang hanya minum ketika haus, padahal sehari kita memerlukan banyak cairan. Sedikitnya 1,5 liter cairan harus dikonsumsi setiap harinya. Di kondisi yang dingin seperti saat ini, rasa haus lebih jarang terjadi, sehingga orang jarang minum. Padahal konsumsi air yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Terlebih konsumsi air hangat, karena dapat membantu menghangatkan tubuh disaat kondisi sekitar sedang dingin. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa konsumsi air sangat diperlu diperhatikan.

Konsumsi Vitamin

Penting mengonsumsi vitamin agar sistem kekebalan tubuh tidak menurun. Konsumsi vitamin C sangat dianjurkan
Penting mengonsumsi vitamin agar sistem kekebalan tubuh tidak menurun. Konsumsi vitamin C sangat dianjurkan

Mengonsumsi vitamin sangat penting di saat cuaca seperti ini. Hal ini dilakukan agar imun atau sistem kekebalan tubuh tidak menurun. Konsumsi vitamin C sangat dianjurkan. Kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan fungsi imun. Kandungan vitamin C yang mudah didapat dari buah-buahan memudahkan Anda untuk mengonsumsinya setiap hari.

Menjaga kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Intensitas hujan yang cukup tinggi membuat tanah menjadi basah atau lembab. Tak hanya tanah, sampah juga akan basah, karena tersiram hujan. Sampah basah akan lebih mudah membusuk, dan hal ini menyebabkan kuman bersarang dan berkembangbiak di sana. Selain kuman, air yang menggenang pada sampah juga bisa menjadi tempat bersarang nyamuk demam berdarah. Oleh karena itu, kita harus pandai menjaga kebersihan agar tidak mudah terserang penyakit.

Jaga Asupan Makanan

Menjaga asupan makanan.
Menjaga asupan makanan.

Jika kita telah membahas pentingnya konsumsi air untuk menjaga cairan tubuh, maka menjaga asupan makanan juga sangat penting. Mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi yang cukup, bisa membatu tubuh untuk tetap fit dalam menjalankan aktivitas.

Memperhatikan Pola Tidur

Mengatur pola tidur.
Mengatur pola tidur.

Dengan cuaca yang ekstrim dan rutinitas yang padat, tubuh membutuhkan aktu istirahat yang cukup. Namun, hal ini bukan berarti istirahat kita menjadi berlebihan. Karena terlalu sering tidur justru akan membuat tubuh menjadi lemas. (Indah Kurniasih, dari berbagai sumber)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.