Minggu, 25 September 22

Pensiun Wapres, KPK Lebih Gampang Periksa Boediono!

Pensiun Wapres, KPK Lebih Gampang Periksa Boediono!

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zulkarnain mengaku, kini lembaganya akan lebih mudah untuk melakukan pemeriksaan terhadap Boediono terkait kasus sekandal bailout Bank Century dan penetapan Bank Century sebagai bank gagak berdampak sistemik.

Hal itu terjadi lantaran Boediono kini sudah tidak menjabat lagi sebagai Wakil Presiden. Sehingga KPK tidak perlu mendatangi rumah dinas Wapres untuk melakukan pemeriksaan apabila nantinya diperlukan kembali.
“Kalau sudah bukan wapres, tentu protokol wapres tidak mengikat lagi. Akan lebih mudah memeriksanya,” ujar Zulkarnain saat dihubungi, Senin, (20/10/2014).

Meski demikian, Zul mengatakan, pihaknya belum ada rencana untuk melakukan pemanggilan kepada Boediono. Menurutnya, saat ini KPK masih menunggu putusan mandan Deputi Gubernur Bank BI Budi Mulya memiliki kekuatan hukum tetap.

“Ya ini kan belum ingkrah,” katanya

Boediono sendiri, disebut-sebut dalam surat dakwaan Budi Mulya ikut terlibat dalam kasus pengukuran dana tayangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun, yang diambil melalui keputusan pada rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dimana Boediono ikut dalam rapat tersebut sebagai Gubernur Bank Indonesia. (Abn)

 

Related posts