Rabu, 17 April 24

Penjualan Mobil Mei Turun 2,6%

Penjualan Mobil Mei Turun 2,6%


Jakarta –
Penjualan mobil di Indonesia pada Mei turun 2,6% dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya, menjadi penurunan tahunan pertama sejak Desember 2011. Dibandingkan bulan sebelumnya, penjualan Mei juga tercatat turun 9% dari 106.800 pada April menjadi 97.100.

Penurunan ini terjadi karena salah satu produsen terbesar, Toyota, mengalami gangguan dalam produksi di pabriknya. Penjualan Toyota sebagai raja mobil di Indonesia, juga turun menjadi 31.000 dari bulan April sebesar 39.000 unit.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan penurunan ini tidak terlalu signifikan dan masih memperlihatkan permintaan dalam negeri yang tinggi.

“Secara keseluruhan, lima bulan pertama tahun ini, penjualan sudah meningkat tujuh persen dibandingkan lima bulan pertama tahun sebelumnya,” kata Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto, seperti dilansir laman BBC.

“Kami perkirakan penjualan akan naik kembali pada Juni karena permintaan mobil menjelang lebaran biasanya meningkat.” tambah Jongkie.

Penjualan mobil merupakan salah satu indikator kunci konsumsi domestik, yang berkontribusi lebih dari 50% pada ekonomi.

Gaikindo memprediksi penjualan mobil tahun ini akan sama dengan tahun lalu, yaitu sekitar 1,23 juta unit.(rei)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.