Kamis, 9 Desember 21

Pengusaha Perikanan Kini Bebas Pilih Pelabuhan

Pengusaha Perikanan Kini Bebas Pilih Pelabuhan

Jakarta, Obsessionnews.com – Para pengusaha perikanan kini bebas memilih pelabuhan untuk memperlancar usaha perikanannya. Dari 181 pelabuhan muat singgah yang ada di Indonesia, para pengusaha dapat menentukan empat pelabuhan pilihannya.

“Dimana sebelumnya hanya satu pelabuhan, sekarang silahkan pilih, mereka yang pilih. Kita tidak tentukan,” ujar Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto di Gedung Mina Bahari IV, KKP, Kamis (1/9/2016) seusai melakukan sosialisasi hasil revisi Peraturan Menteri Nomor 15 Tahun 2016 tentang Kapal Pengangkut Ikan Hidup.

Hanya pelabuhan nanti, lanjut Slamet, yang kira-kira disana belum ada aparatnya, Seperti daerah terpencil, yang tidak ada bea cukainya, karantina, pengawasan, nanti dipersilahkan mengundang petugas yang berwenang.

“Nanti eksportir itu yang undang para petugas untuk cek. Namun, kalau pelabuhan sudah komplit, mereka cukup datang ke lokasi itu untuk cek kapalnya,” katanya.

Slamet Soebjakto 9

Selain itu, Slamet juga menjelaskan soal revisi Peraturan Menteri Nomor 15 Tahun 2016 tentang Kapal Pengangkut Ikan Hidup, yang menurutnya kini sebuah solusi terhadap kendala para pengusaha selama ini.

“Yang jelas kendala-kendala (pengusaha) ini percepatan untuk ekspor ikan-ikan yang sudah dipanen. Dimana mereka tunggu kapalnya hingga datang lagi, sekarang bisa cepat. Dulu enam kali frekuensinya datang, sekarang 12 kali,” ungkapnya

Lanjut Slamet, begitu antarkan misalkan ke Hongkong bisa kembali lagi ke Indonesia. Jadi ekonomi bisa berjalan. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.