Selasa, 30 November 21

Pengungsi Syiah Sampang Masih ‘Terancam’

Pengungsi Syiah Sampang Masih ‘Terancam’

Surabaya, Obsessionnews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akhirnya menyerah. Bahkan, mereka mengaku pesimis bisa mengembalikan pengungsi Syiah Sampang yang saat ini ditampung di Rusun Jemundo, Kabupaten Sidoarjo, ke kampung halamannya di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura.

Terlebih lagi, berbagai upaya mediasi yang dilakukan pemerintah pasca konflik berdarah itu pecah di Sampang Tahun 2012 lalu, hingga saat selalu menemui jalan buntu.

“Kita tidak lagi fokus pada pemulangannya. Saat ini, kami mengusahakan, bagaimana para pengungsi ini bisa kembali hidup normal di tengah-tengah masyarakat,” kata Kepala Biro Administrasi Kesejahterahan Rakyat Pemprov Jatim, Hizbul Wathon dihubungi Obsessionnews, Selasa (21/4).

Ia menambahkan, Pemprov Jatim juga tengah menyusun berbagai program untuk membantu sekitar 200 lebih para pengungsi Syiah Sampang. Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengajak para pengungsi rekreasi ke makam Wali Songo.

“Tujuan wisata religi ini, agar para pengungsi bisa refresing. Sebab, selama tiga tahun berada di pengungsian, mereka dicekam rasa takut,” pungkasnya. (arm)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.