Jumat, 19 April 24

Pengungsi Diminta Tak Tinggalkan Wamena

Pengungsi Diminta Tak Tinggalkan Wamena
* Pengungsi dari Wamena. (Foto: wartaplus.com)

Wamena, Obsessionnews.com – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab meminta warga yang ingin mengungsi ke luar dari Wamena, Papua, mempercayakan penerbangan kepada aparat TNI AU khususnya untuk mengatur penerbangan dengan baik.

Hal itu dikatakan herman saat mengajak pengurus paguyuban nusantara di Papua, untuk bertemu pengungsi di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu (2/10/2019).

“Kalau ada apa-apa di udara, bagaimana? Percayakan penerbangan ini kepada kami untuk mengaturnya. Jika kelebihan muatan dan lain lain, bagaimana? Percayakan kepada aparat dan semua akan terlayani,” ujar Herman dalam pernyataan tertulisnya.

Sementara itu, Danlanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso menyebutkan, hari ini TNI AU mengerahkan 3 Hercules untuk para pengungsi ke luar dari Wamena. Dia mengatakan, pimpinan menginstruksikan kepadanya untuk memprioritaskan ibu-ibu dan anak-anak. Diharapkan kaum bapak dan pemuda lainnya bertahan di Wamena, sambil menjalankan roda perekonomian.

“Biarkan ibu dan anak-anak mencari tempat yang nyaman terlebih dahulu. Kami jamin Wamena akan semakin aman,” jelasnya.

Selain itu, Tri meminta masyarakat tak lagi meninggalkan Wamena dan tetap majukan Wamena secara bersama-sama. “Hidupkan kembali roda perekonomian bersama,” jelasnya.

Kemudian Ketua Paguyuban KKSS Mansur meminta semua pihak dan warga perantau untuk tetap tenang di Wamena.

“Kita semua percayakan situasi ini kepada aparat keamanan dan Pemerintah untuk melindungi masyarakat bersama. Kota Wamena telah kembali kondusif. Kita semua berada di Papua untuk kedamaian. Papua untuk kita. Papua untuk semua. Jika memang ada yang keluar dari Wamena, kita prioritaskan perempuan dan anak-anak,” ujarnya.

Sementara sekretaris FKUB Jayawijaya Pendeta Alexander Mauri juga menyebutkan kedatangan Pangdam, Danlanud, paguyuban secara bersama untuk mengajak masyarakat lebih tenang.

“Panglima TNI telah perhatian dengan kita. Wamena anam terkendali dan jangan percaya isu yang beredar bahwa TNI-Polri bersama warga pendatang akan serang warga Papua. Saya tegaskan sekali lagi, ini tidak benar dan kita semua berdiri diatas firman Tuhan, bahwa kasih diatas segala. Kita pulihkan Wamena,” tegasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.