Sabtu, 13 Agustus 22

Pengumuman UM-PTKIN 2022 Jadi ‘Trending Topic’ di Google Trends

Pengumuman UM-PTKIN 2022 Jadi ‘Trending Topic’ di Google Trends
* Salah satu perguruan negeri Islam di Indonesia, yakni IAIN Kudus. (Foto: daftarjurusan.id)

Obsessionnews.com – Pemberitaan tentang Pengumuman Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2022 di pekan ini menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Kamis (30/6/2022) hingga hari ini, kata kunci Pengumuman UM-PTKIN ditelusuri lebih dari 10 ribu.

Seperti diketahui, Pengumuman UM-PTKIN 2022 bakal dilaksanakan pada Kamis 30 Juni 2022 mulai pukul 13.00 WIB. Peserta bisa mengakses pengumuman UM-PTKIN 2022 melalui laman https://um-ptkin.ac.id/.

UM-PTKIN merupakan proses seleksi masuk UIN, IAIN, STAIN, dan PTN yang memiliki Izin Program Studi di bawah Koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Sistem SSE yaitu ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

Dalam pelaksanaan UM-PTKIN 2022 terdapat 1.266 program studi (prodi) ditawarkan dengan total kuota mahasiswa 75.663 mahasiswa. UM-PTKIN 2022 terbuka untuk lulusan MA/MAK/SMA/SMK/Satuan Pendidikan Mu’adalah atau yang setara.

Sebanyak 59 perguruan tinggi Islam ikut serta dalam seleksi nasional UM-PTKIN 2022. Ujian tertulis secara online sudah digelar 14 – 17 Juni 2022.

Cara Melihat Pengumuman UM-PTKIN 2022

  1. Buka laman https://um-ptkin.ac.id/
  2. Untuk melihat pengumuman hasil UM-PTKIN 2022, silahkan klik tombol : Pengumuman
  3. Masukkan nomor peserta tes atau username, kemudian diiukuti dengan password
  4. Masukkan verify kode yang tertera
  5. Klik login atau sign ini, setelah login kemudian akan muncul keterangan tentang kelulusan

Ada kemungkinan terjadi kepadatan server pada menit-menit awal pengumuman UM-PTKIN 2022. Untuk menghindari terjadinya kendala sebaiknya peserta tidak melihat pengumuman pada menit-menit awal setelah dibuka. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.