Rabu, 29 September 21

Pengrajin Harus Kembangkan Keunikan Lokal

Pengrajin Harus Kembangkan Keunikan Lokal

Jakarta, Obsessionnews Jika produknya ingin dikenal dan memiliki keunikan, maka pengrajin harus mengembangkan budaya lokal yang unik dan khas.

Demikian disampaikan oleh Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Euis Saedah mewakili Menteri Perindustrian pada pameran produk unggulan Sumatera dan Kalimantan 2015 di Plaza Pameran Industri, Kementerian Perindustrian, di Jakarta, pada Selasa (19/5).

Selain itu, lanjut Euis, pemerintah telah membangun sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di beberapa wilayah di luar pulau Jawa. Lokasi itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memajukan industri kecil di wilayahnya masing-masing.
”Industri kreatif saat ini akan terus didorong sebagai salah satu dasar pengembangan ekonomi nasional. Apabila industri kreatif ini terus berkembang, diharapkan juga dapat menghasilkan produk-produk unggulan yang memiliki nilai seni tinggi dan daya saing di pasar global,” kata Euis.

Euis yakin, hasil dari upaya tersebut bakal menjadi motor penggerak ekonomi rakyat yang sanggup menyerap tenaga kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekedar catatan, industri kreatif bukan hanya pengolahan bahan mentah saja. Namun, keunggulan sandang dan pangan Indonesia juga menjadi prioritas pengembangan IKM.

“Semangat berkarya dan berkreasi perlu mendapatkan perhatian dan fasilitasi untuk mempromosikan hasil karya dalam negeri,” tegasnya. Baca juga: Pusat Batik Thamrin City Bina 950 Pengrajin & Pedagang

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.