Selasa, 19 Oktober 21

Pengoperasian KA Perintis Terhalang Jalan Rusak

Pengoperasian KA Perintis  Terhalang Jalan Rusak

Bandung, Obsessionnews – Kereta Api (KA) Perintis Bandung-Cianjut, ditunda pengoperasiannya menjadi akhir Februari ini atau awal Maret. Lantaran rel di jembatan Cisokan, terhalang pekerjaan perbaikan jalan.

“Begitu jalan rapi KA perintis Bandung-Cianjur siap dioperasikan,” ujar Kahumas PT KAI Daop2 Bandung, Zunerfin, Kamis (5/2/2015).

KA Perintis tersebut akan terkoneksi dengan jalur Padalarang – Cianjur. Sehingga nantinya akan tersambung dengan jalur Cianjur-Sukabumi dan Bogor
Atau terkoneksi dengan KA Siliwangi dan KA Kian Santang ke jalur Sukabumi dan Bogor.

Dijelaskan Erfin Kereta Api Perintis tersebut merupakan pengganti Ciroyom – Padalarang – Cianjur yang sudah dua tahun tidak beroperasi.

Meskipun jalur Padalarang tersebut saat ini tidak dioperasikan, namun pemeliharaan terus dilakukan, sehingga tidak dibiarkan mati. Satuan kerja Departemen Perhubungan tetap melakukan pemeliharaan sinyal dan jalur rel.

Jalur yang dilalui KA Perintis merupakan jalur yang strategis, seperti halnya Gunung Padang, Jalur wisata Bogor dan Sukabumi yang memuat tidak hanya orang tapi juga barang, seperti komoditi hasil bumi dan sayuran.

Selain perbaikan di Cisokan saat ini tengah dilakukan pembebasan sepanjang jalur rel KA, sehingga 12 meter kiri kanan rel harus bebas dari bangunan, penertiban kawasan Rajamandala, Ciranjang dan Cianjur.

Sosialisasi pun harus tetap dilakukan kepada warga sekitar sehingga bangunan ilegal yang berada di sepanjang rel KA dapat kembali menjadi peruntukannya semula, rel kereta merupakan asset negara yang perlu dijaga secara bersama-sama. (Dud)

Related posts