Jumat, 3 Februari 23

Pengguna Internet di Asia Tenggara Bertambah 100 Juta dalam Tiga Tahun

Pengguna Internet di Asia Tenggara Bertambah 100 Juta dalam Tiga Tahun
* Country General Manager Amazon Web Services (AWS) Gunawan Susanto. (Foto: tangkapan layar Zoom)

Obsessionnews.com – MarkPlus Conference 2023 hari pertama dimeriahkan dengan talk show bertajuk Building Partnerships, Connecting Ecosystems yang digelar pada Rabu (7/12/2022).

Pada sesi ini, diulas urgensi kemitraan sebagai sarana menyalurkan kreativitas dan mengembangkan inovasi, serta bagaimana para narasumber dapat menghubungkan ekosistem bisnis yang ada.

Country General Manager Amazon Web Services (AWS) Gunawan Susanto menjelaskan, AWS Indonesia, anak perusahaan Amazon Inc. merupakan perusahaan cloud terbesar yang memasuki Indonesia sejak 2014.

Baca juga: MarkPlus Siapkan Navigasi Bisnis Para Marketeer di Tahun Politik

“Selama empat tahun terakhir, klien kami yaitu Tokopedia, Traveloka, tidak hanya menggunakan teknologi untuk terlihat keren, tetapi juga untuk mengurangi biaya, mendorong inovasi, dan memanfaatkan data untuk menciptakan keunggulan kompetitif,” ujarnya.

Dalam mengembangkan ekosistem AWS, Gunawan menyampaikan, rencana AWS di tahun 2023 adalah terus membangun talenta di Indonesia, memperluas kemitraan, dan memberikan akses teknologi ke perusahaan dari semua skala bahkan UMKM, tidak hanya unicorn dan decacorn.

Di sisi lain, panelis lainnya yaitu Monica Singh, Managing Director Splendid Co. Co.,Ltd Thailand merupakan pemenang penghargaan Women Award AMF (Asia Marketing Federation). Bukan tanpa alasan, penghargaan ini layak diterima Monica atas pencapaiannya di sektor kesehatan.

Selain menjadi wirausaha, Monica juga merupakan seorang dosen dan peneliti. “Semangat saya dalam berbisnis adalah untuk menciptakan dampak dan untuk membuat hidup seseorang menjadi lebih baik,” ujarnya.

Baca juga: FOTO MarkPlus Gelar Gebyar UKM di Tangsel

Kemitraan yang Monica tekuni dimulai dengan membangun platform di mana pasien dapat terhubung dengan praktisi kesehatan, melakukan roadshow untuk berbagi ilmu kepada masyarakat, serta membuka ekosistem kewirausahaan bagi murid-muridnya.

Sementara itu, dalam membangun bisnisnya Monica berupaya membangun jaringan konsumen dengan menciptakan produk yang bermanfaat bagi semua orang. Monica meyakini esensi kemitraan yang sebenarnya adalah membangun ekosistem dari komunitas dan bidang yang berbeda, sehingga efisiensi dan hasilnya pun akan lebih besar.

Sepakat akan hal tersebut, Aldinal Rachman selaku Scrum Master & Project Champion BP Indonesia menjelaskan bahwa BP telah mengubah orientasi bisnisnya dari ‘International Oil Company’ menjadi ‘Integrated Energy Company.’ Dalam hal ini, mereka telah berkomitmen untuk memproduksi hidrogen sebagai sumber energi baru untuk bahan bakar transportasi publik dan swasta dan membangun teknologi reproduksi energi terbarukan seperti panel surya. Mewujudkan hal tersebut, BP Indonesia juga menggandeng sejumlah mitra.

Sementara itu dari sektor telekomunikasi inovasi menarik dilakukan oleh Indosat Ooredoo. Dalam
rangka meramaikan Piala Dunia 2022 Qatar, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menggandeng Vidio, sebagai official broadcaster dan menjadi bagian dari sponsor Piala Dunia 2022.

Chief Business Officer PT Indosat Tbk Bayu Hanantasena menyampaikan, terdapat penambahan 100 juta pengguna internet di Asia Tenggara dalam tiga tahun terakhir, selain itu diperkirakan perangkat IoT di semua vertikal industri akan tumbuh hingga lebih dari delapan miliar pada tahun 2030.

“Kunci transformasi adalah bagaimana Indosat menjalin kerjasama dengan perusahaan mitra. Statistik mengatakan, harga koneksi internet kami salah satu yang terendah di indonesia, ini menjadi salah satu masalah yang kompleks karena perusahaan harus mendapatkan keuntungan sementara di sisi lain kita harus membuat harga terjangkau,” ujar dia.

Bayu meyakini kunci dalam menjawab persoalan ini adalah melalui strategi kemitraan Co-Creation, atau kolaborasi dengan mitra. Sementara itu, persoalan utama yang perlu dijawab melalui kemitraan tersebut adalah menyeimbangkan sinyal dan bandwidth internet sehingga Indosat mampu
mempertahankan pelayanan terbaik bagi para penggunanya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.