Minggu, 25 Agustus 19

Pengembangan Zona Wisata Film di Baliwood Land

Pengembangan Zona Wisata Film di Baliwood Land
* Baliwood Land. (foto: dok Baliwood Land)

Jakarta, Obsessionnews.com – Untuk memajukan program pemerintah dalam mengembangkan tempat-tempat pariwisata destinasi di Indonesia, PT.Baliwood Independen Global Media bersama dengan Pemerintah Desa Dauh Yeh Cani, PT. Mitra Bumdes Nusantara, PT. Sekarmenuh Eventama, dan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) sepakat menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) terkait kerjamasama pengembangan zona wisata film dan pemberdayaan industri kreatif desa adat yang ada di Baliwood Land, Bali, Jumat (1/2/2019).

Bentuk kerja sama itu merupakan kerja sama pengembangan zona wisata film dan pemberdayaan industri kreatif desa adat melalui peran serta BUMDes, Sponsorship, dan kerja sama lain yang disepakati para pihak guna mengoptimalkan peran dalam pelaksanaan pengembangan perekonomian pedesaan melalui sinergi pengelolaan desa wisata film dan pemberdayaan industri kreatif yang berbasis adat agar memiliki kemampuan daya saing secara ekonomis.

Dari keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com pada Rabu (20/2) Direktur PT Sekarmenuh Eventama  Putu Naindra Kayuana Winaya mengatakan, adapun bentuk kerja sama antar pihak ini berupa IT Management dalam bentuk voucher on line wilayah produksi Global Baliwood Land bagi rumah produksi komunitas sedunia.

Sementara itu, sebagai penandatanganan MoU dari Pemerintah Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, ialah I Wayan Sutama dengan PT Baliwood Independen Global Media atau CEO Baliwood Land R. Arvin I Miracelova, dan STIKOM BALI diwakili oleh Usdek Maharipa

Adapun bentuk kerjasama antar ketiga pihak adalah student intership di Baliwood Land Zona Global Content Industry Development dalam rangka peningkatan kerja UKM Digital Desa bentukan BUMDes dan Baliwood Camp yang berkolaborasi dengan Mitra Dunia .

Yaitu ATechnos (perusahaan games dunia), Zeaflix (aplikasi IT untuk platform Film indie dunia), Thinking Tub (sistem crowd funding platform & konsorsium investor & CSR funding negara- negara sahabat ASEAN), Happen TV (inflight maskapai), Lab Film Comic yang di remake berbasis cerita Bali (Graphic India & Mtouch Malaysia), Global IPTV & Mobile TV (Mobibase France), Opera TV Norway, Portman College Malaysia- WKU USA telah terlebih dahulu melakukan penandatangan MoU dengan Baliwood Land diserah terimakan kepada Pemerintah Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani yang ditandatangani oleh Perbekel.

Acara yang dihadiri oleh unsur perwakilan pemerintah setempat ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam, tidak hanya penandatanganan Mou, pemutaran trailer film hasil garapan Baliwood Land yang melibatkan warga desa sebagai tim produksi maupun talenta pelajar dunia diputar dalam acara ini.

Turut hadir pula pakar Tourism Community Based, Djinaldi Gosana, SGB untuk memberikan wejangan terkait Sapta Pesona yang harus dimiliki Baliwood Land sebagai Desa Wisata. Acara ditutup dengan survey langsung ketiap-tiap zona pembangunan di Desa Wisata Film & Industri Kreatif Digital Rakyat Baliwood Land serta launching simbolis 3 lab digital desa kolaborasi mitra dunia.

Untuk diketahui, Baliwood Land merupakan sebuah terobosan baru desa menjadi ikon dunia, dimana Baliwood Land merupakan desa film dunia berbasis budaya dan pemberdayaan menjadi desa wisata film dunia, serta pusat belajar Internasional dan produksi komunitas film global. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.