Selasa, 21 September 21

Pengembangan Wisata Bahari Mandeh, Prioritas Pemerintah

Pengembangan Wisata Bahari Mandeh, Prioritas Pemerintah

Painan, Obsessionnews – Keseriusan pemerintah mengembangkan wisata bahari Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat (Sumbar) hasilnya mulai terlihat, padahal baru dimulai sejak 2014 lalu.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Andrinof Chaniago mengatakan, pemerintah mulai serius melakukan pengembangan kawasan wisata bahari Mandeh setelah Mandeh Joy Sailing 2014. Setelah setahun berjalan, kawasan wisata bahari pulau Mandeh sudah masuk 15 besar destinasi wisata prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional 2015-2019.

“Sekarang pemerintah hanya tinggal memoles sedikit saja, pengunjung yang akan datang ke sini akan banyak,” kata Andrinof saat pembukaan Joy Sailing 2015 dan Festival Mandeh 2015, Sabtu (16/5).

Wisata Mandeh2

Menurut Andrinof, pengembangan kawasan dimaksud dengan pola pengembangan wisata berbasis masyarakat. Kesadaran masyarakat dalam menciptakan Sapta Pesona Wisata sangat penting dan perlu, salah satunya untuk percepatan pengembangan kawasan wisata bahari.

Andrinof Chaniago mengatakan, selain kawasan Mandeh, pemerintah juga mengembangakan kawasan wisata bahari lain di wilayah Sumbar yaitu di Kepulauan Mentawai. Potensi wisata bahari yang dimiliki daerah dimaksud sangat bagus dan tidak kalah dengan lokasi lain.

Wisata Mandeh3

Andrinof berharap kunjungan wisatawan yang datang ke Sumbar bertambah apalagi kawasan wisata bahari Mandeh sudah masuk 15 destinasi wisata nasional berikut sudah masuk sebagai salah satu destinasi wisata Malaysia, Pulau Penang. Kemudian memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan kawasan Raja Ampat, Papua Barat.

Hari ini, tengah berlangsung Mandeh Joy Sailing dan Festival Mandeh 2015 di kawasan wisata Bahari Pulau Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, jelang diresmikan sebagai Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh oleh Presiden RI Joko Widodo. Kegiatan itu dihadiri dua menteri antara lain, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PPN/Bappenas Andrinof Chaniago.

Wisata Mandeh4

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Menteri PPN/Bappenas Andrinof Chaniago yang dilakukan di puncak bukit di kawasan Mandeh. Dari puncak bukit, sejauh mata memandang terlihat keindahan bahari yang dihiasai sejumlah kapal dan perahu para nelayan. Memandang ke sisi bagian kiri dan kanan, terhampar perbukitan yang indah dan sedap dipandang.

Adalah sangat rugi, jika datang ke Padang tidak menyempatkan diri untuk melihat keindahan kawasan Mandeh.

Pengunjung tidak perlu repot, moda transportasi ke lokasi bisa melalui jalur laut apalagi lewat jalur darat. Jarak tempuh hingga ke lokasi tidak butuh waktu du jama, sudah bisa menikmati keindahan yang disuguhkan kawasan Mandeh. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.