Senin, 14 Oktober 19

Pengelolaan Barang Milik Negara

Pengelolaan Barang Milik Negara

Oleh: Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan

 

Selasa 25 September 2018 saya memberikan Kuliah Umum dalam rangka Dies Natalis ke 63 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) bertempat di Auditorium FEB UGM Yogyakarta.

Barang Milik Negara (BMN) adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau berasal dari perolehan lainnya yang sah. Kalau kita belanja barang modal, maka hasilnya adalah barang milik negara. Kalau tahun ini kita membangun salah satu kampus, tahun depannya adalah barang milik negara.

Sesuai UU No.1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, Menteri Keuangan bertugas mengatur pengelolaan BMN. Menteri Keuangan tidak hanya merencanakan, mengadministrasikan dan melaporkan tetapi juga mendayagunakan sehingga memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan program pemerintah.

Yang namanya mengelola barang milik negara, kita harus mengatur bahwa dia memberikan value atau nilai yang mencerminkan fungsi dan bahkan kalau bisa menciptakan nilai tambah. Barang milik negara mencerminkan peradaban suatu negara.

Selain itu, mencerminkan kemampuan suatu negara untuk merencanakan dengan baik dan mencerminkan bagaimana suatu Kementerian dan Lembaga mengelola pembangunan dengan kualitas yang bagus, yang harus kita jaga karena mencerminkan kepedulian antar generasi.

Itulah yang selalu tak henti-henti kita inginkan, memberikan warisan ke generasi yang akan datang, bukan hanya pada generasi yang sekarang.

Pembangunan yang banyak menceritakan nilai, karakter dan kemampuan kita sebagai bangsa dalam menjaga dan membangun tata kelola yang baik.

 

Sumber: Sri Mulyani Indrawati/Facebook

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.