Rabu, 20 Oktober 21

Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi di Masyarakat

Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi di Masyarakat
* Smartphone yang semakin pesat perkembangannya.

Jakarta, Obsessionnews – Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sedang meningkat pesat. Hal ini bisa dilihat dari beragam teknologi yang tersedia. Teknologi ini memanjakan masyarakat dengan banyaknya aplikasi yang memudahkan pekerjaan mereka. Mulai dari perlengkapan yang semakin canggih, aplikasi pengiriman data dan informasi, hingga bisa terhubung dengan orang-orang yang berjarak jauh, bahkan lain benua.

Teknologi memudahkan pencarian informasi, mengirim data dan berhubungan dengan orang lain
Teknologi memudahkan pencarian informasi, mengirim data dan berhubungan dengan orang lain.

Perkembangan teknologi membawa pengaruh pengaruh positif dan negatif bagi masyarat di seluruh dunia. Beberapa perkembangan positif dapat dirasakan dengan semakin mudahnya pekerjaan yang kita lakukan karena peralatan yang semakin canggih. Sebut saja di bidang pendidikan. Pelajar dimudahkan dengan adanya internet yang mempercepat mereka mendapat informasi. Selain itu, adanya E-Book juga memudahkan mereka untuk belajar tanpa harus membaca buku dalam bentuk cetak.

Sedangkan dalam bidang informasi, kita bisa lihat smartphone yang semakin pesat perkembangannya. Smartphone sangat memudahkan setiap hal. Sebut saja aplikasi penjualan online yang dapat dilakukan melalui smartphone, yang sekarang semakin banyak digandrungi masyarakat.

Mode transportasi juga tak mau kalah untuk ikut berpartisipasi dalam perkembangan teknologi. Sebut saja aplikasi ojek dan taksi online. Serta E-Ticket yang sekarang mulai digunakan. Dari penggunaan tiket jalan tol, tiket kereta, tiket Trans Jakarta, bahkan hingga tiket pesawat terbang yang sekarang bisa melalui handphone dan tidak perlu di cetak. Sambutan dari masyarakat juga cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya jumlah pengguna kereta api.

E-ticket.
E-ticket.

Banyaknya pengaruh yang timbul dari pesatnya perkembangan teknologi sendiri berpengaruh besar tak hanya pada orang dewasa dan remaja, tapi juga terhadap anak-anak. Anak-anak jaman sekarang jarang sekali bermain bersama teman-teman sebayanya. Mereka lebih asyik bermain dengan game yang ada dalam gadget mereka. Hanya sedikit waktu yang mereka habiskan bersama teman, yakni ketika mereka disekolah. Hal ini tentu tak baik untuk hubungan sosial mereka. Mereka seringkali menjadi lupa waktu dan tak menikmati suasana kekeluargaan ketika berkumpul bersama keluarga. Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan gadget anak-anak mereka.

Rasa ketergantungan terhadap gadget juga dirasakan oleh sebagian remaja dan orang dewasa. Bahkan ada beberapa di antara mereka yang merasa resah ketika tidak memegang gadget. Hadirnya gadget membuat manusia menjadi jarang sekali berinteraksi dengan orang lain. Pada dasarnya, kita harus bijak dalam menanggapi perkembangan teknologi sekarang ini. Jangan sampai malah membuat kita menjadi manusia yang tidak bersosialisasi hanya karena terlalu asik menyelam ke dunia maya. (Indah Kurniasih)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.