Rabu, 6 Juli 22

Pengamat Prediksikan Terjadi Rematch Jokowi vs Prabowo di 2019

Pengamat Prediksikan Terjadi Rematch Jokowi vs Prabowo di 2019
* Jokowi dan Prabowo Subianto saat Pilpres 2014.

Jakarta, Obsessionnews.com – Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syamsuddin Haris, memperkirakan hanya ada dua pasangan calon yang akan bertarung pada Pilpres 2019. Dua pasangan itu merujuk pada Jokowi dengan Prabowo Subianto.

Syamsuddin mengatakan, tingginya syarat pencalonan presiden yang disebutkan Dalam UU 7/2017 tentang Pemilu menutup ruang kemungkinan adanya calon alternatif. Dalam UU itu mengatur ambang batas 20 persen untuk perolehan kursi di DPR dan atau 25 persen perolehan suara nasional untuk mengajukan capres.

“Iya karena ambang batas pencalonan presiden besar sekali jadi kemungkinan yang bisa lolos adalah dua pasangan calon. Kecil kemungkinan muncul pasangan calon ketiga mengingat syarat pencalonannya terlalu sulit,” kata Syamsuddin di Jakarta, Senin (19/2/2018).

Meski begitu, menurut dia, Jokowi tetap mengungguli Prabowo. Berdasarkan hasil survei, publik merasa puas dengan kinerja Jokowi, terutama keberhasilan Jokowi dalam membangun infrastruktur. Syamsuddin pun percaya dengan hasil survei itu karena infrastruktur yang dibangun Jokowi dapat dilihat dengan kasat mata.

“Jadi melihat hasil survei saja dimana pada umumnya masih sama. Jokowi masih unggul terhadap Prabowo kemungkinan besar pemilu presiden 2019. Hasil survei publik kan pandangan publik, responden yang disurvei. Saya percaya dengan hasil survei itu,” tandasnya.

Pendapat yang berbeda disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Fadli Zon justru melihat peluang Prabowo berjaya di ‘pertarungan kedua’ melawan Jokowi semakin meyakinkan. Menurutnya, publik sudah menginginkan perubahan.

Dia justru curiga, akhir-akhir ini sepertinya ada yang berusaha menghalangi Prabowo untuk menjadi capres lagi. Cara menghalangi yang dia maksud adalah dengan mendorong Prabowo menjadi pencipta tokoh baru (king maker). Padahal Prabowo dipandang Fadli bisa sukses kali ini bila maju capres. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.