Selasa, 28 September 21

Pengamat: Jokowi Tahu Siapa Sutiyoso

Pengamat: Jokowi Tahu Siapa Sutiyoso

Jakarta, Obsessionnews – Pengamat Intelijen Wawan H Purwanto mengatakan penunjukan Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN bukan dilakukan secara mendadak. Menurutnya proses tersebut pasti dimulai dengan menelusuri rekam jejaknya

“Kalau soal track record presiden yang banyak tahu karena tentu ada dasar mengapa Sutiyoso yang dipilih,” ujar Wawan saat dihubungi Obsessionnews, Rabu (10/6/2015).

Sutiyoso merupakan punawirawan TNI yang kaya akan pengalaman. Di samping memahami ilmu intelijen Sutiyoso juga dipandang memiliki ilmu yang mumpuni di bidang pemerintahan, sebab selama dua periode ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Wawan menambahkan dengan berbekal pengalaman yang segudang maka tidak salah presiden akhirnya memilih mantan Pangdam Jaya itu sebagai Kepala BIN. Dia berharap DPR menyetujui usulan Jokowi sehingga segera ditentukan waktu pelantikannya.

“Kalau soal penunjukan itu merupakan hak prorogatif presiden dan tentu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang matang yang melibatkan sejumlah politisi dan juga partai pendukung serta pemikiran pakar yang ada di lingkungan presiden,” terangnya.

Kini, nama Sutiyoso bersama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI sudah diajukan ke DPR. Dia berharap Setya Novanto cs tidak menolak pengajuan kedua nama tersebut.

“Saya berharap DPR memberikan pertimbangan. Saya beharap tidak (ditolak), karena sudah melalui banyak pertimbangan,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo ini.

Sama seperti Panglima TNI, masa tugas Letjen TNI (Purn) Marciano Norman sebagai Kepala BIN segera berakhir. Nama Sutiyoso muncul dari mulut Ketua DPR Setya Novanto. Dia mengatakan Jokowi telah menyerahkan surat ke DPR tentang calon Kepala BIN dan Panglima TNI.

Jokowi, di sela kesibukannya menyiapkan pernikahan sang putra Gibran Rakabuming Raka, membenarkan hal itu. “Saya juga telah mengajukan pencalonan Pak Sutiyoso sebagai KaBIN,” kata Jokowi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.