Rabu, 29 Januari 20

Pengaduan KBB ke Komnas HAM dalam Setahun Meningkat

Pengaduan KBB ke Komnas HAM dalam Setahun Meningkat

Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI telah melaksanakan fungsi pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemntauan dan mediasi tentang jaminan hak dalam kebebasan beragama/berkeyakinan di Indonesia selama satu tahun terakhir.

Komisioner Komnas HAM RI, M Imdadun Rahmat menyampaikan komnas HAM telah membentuk Tim Asistensi Pelapor Khusus Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB)  yang diwadahi dalam Desk KBB.

Dia menjelaskan, tindak pelanggaran KBB yang terhimpun baik melalui pemantauan maupun pengaduan masyarakat, baik oleh korban maupun oleh kelompok – kelompok pemantau dan pendamping mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Apabila pada tahun 2013, jumlah pengaduan yang diterima Komnas HAM berjumlah 39 berkas, maka pada tahun 2014 ini naik menjadi 67 berkas,” ujar Rahmat dalam konfrensi persnya di Kantor Komnas HAM ,Jl Latuharhari, Jakarta Pusat, Selasa (23/12/2014).

Menurut Rahmat, dari kasus-kasus yang diadukan pada tahun 2014 ini, dapat disimpulkan tiga kategori tema pengaduan KBB. “Pertama, tindak penyegelan, perusakan atau penghalangan pendirian rumah ibadah 30 berkas,”katanya.

Kedua, diskriminasi, pengancaman, dan kekerasan terhadap pemeluk agama dan keyakinan tertentu 22 berkas.

“Terakhir yang ketiga, penghalangan terhadap ritual pelaksanaan ibadah 15 berkas,” pungkasnya. (Pur)

 

Related posts