Jumat, 26 April 24

Penerapan ETLE di Seluruh Indonesia, Polri Optimis

Penerapan ETLE di Seluruh Indonesia, Polri Optimis
* Wakapolri Komjen Pol Ari Dono memberikan keterangan pers usai melaunching ETLE dia area Car Free Day. (foto: Fajar Indonesia)

Jakarta, Obsessionnews.com – Polri optimis penerapan sistem penegakan hukum dibidang lalu lintas atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) perlahan bisa dikembangkan di kota-kota besar lainnya.

“Kalau ada pertanyaan apakah program ini akan digelar untuk seluruh Indonesia? Insya Allah. Saya sampaikan tadi, sistem sudah ada,” ujar Wakapolri Komjen Ari Dono saat Grand Launching E-TLE, IVRIS dan SMS Info di Bundaran HI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (25/11/2018).

Tinggal menambah kekuatan saja, tambah hardware, maka akan bisa tergelar. “Tentunya disesuaikan juga dengan kekuatan masing-masing daerah karena tak terlepas dari anggaran,” katanya.

Ari menambahkan bahwa program yang pilot project-nya dimulai oleh Ditlantas Polda Metro Jaya tersebut sulit dilakukan tanpa berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Pembuatan perda di masing-masing daerah dinilainya bisa menunjang penerapan program E-TLE di seluruh Indonesia

Dia berharap, ini tak dibebankan saja kepada pemerintah, tapi kesadaran masyarakat lain atau dibuat sebuah aturan perda, misalnya dalam membangun jaringan di pinggir jalan, wajib memasang CCTV dengan spek tertentu.

“Sehingga secara otomatis program bisa berjalan,” jelasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.