Minggu, 5 Februari 23

Penembakan Massal di AS Usai Acara Imlek, 10 Orang Tewas dan Lainnya Luka-luka

Penembakan Massal di AS Usai Acara Imlek, 10 Orang Tewas dan Lainnya Luka-luka
* Petugas polisi berjaga-jaga setelah ada laporan penembakan yang terjadi di Monterey Park, California, pada 22 Januari 2023. (EPA-EFE) a.

Lagi! Penembakan massal di Amerika Serikat (AS) akibat warga bebas bawa senjata api. Sebanyak 10 orang tewas dan sedikitnya 10 lainnya luka-luka dalam penembakan di dekat Los Angeles setelah festival Tahun Baru Imlek

“Sepuluh orang tewas dan sedikitnya 10 lainnya luka-luka dalam penembakan massal di sebuah kota yang sebagian besar Asia di California selatan,” kata penegak hukum pada Minggu (22/1/2023), dengan tersangka masih dalam pengawasan beberapa jam kemudian.

Pria bersenjata itu melepaskan tembakan ke sebuah tempat dansa di Monterey Park ketika anggota masyarakat setempat sedang merayakan Tahun Baru Imlek, kata polisi seperti dilansir The Straits Times.

Kapten Andrew Meyers dari Departemen Sheriff Kabupaten Los Angeles mengatakan, petugas telah menanggapi panggilan darurat sekitar pukul 22.20 pada hari Sabtu  pukul 14.20 waktu AS atau Minggu waktu Indonesia, dan menemukan orang-orang berhamburan keluar dari tempat itu.

“Petugas masuk ke lokasi dan menemukan korban tambahan,” katanya.

“Departemen Pemadam Kebakaran Polisi Taman Monterey menanggapi tempat kejadian dan merawat yang terluka dan mengumumkan 10 korban meninggal di tempat kejadian.

“Setidaknya ada 10 korban tambahan yang dibawa ke berbagai rumah sakit setempat dan tercatat dalam berbagai kondisi dari stabil hingga kritis.

“Tersangka melarikan diri dari tempat kejadian dan tetap beredar.”

Monterey Park, sekitar 13 km sebelah timur pusat kota Los Angeles, adalah rumah bagi sejumlah besar etnis Asia.

Penduduk lokal Wong Wei mengatakan kepada Los Angeles Times temannya berada di klub dansa, dan berada di kamar mandi ketika penembakan terjadi.

Ketika dia muncul, dia melihat seorang pria membawa senjata panjang dan menembak tanpa pandang bulu, serta mayat tiga orang, dua di antaranya wanita dan satu orang yang katanya adalah bos klub.

Surat kabar itu melaporkan bahwa Tuan Seung Won Choi, yang memiliki restoran barbekyu makanan laut di dekat tempat kejadian, mengatakan tiga orang telah berlari ke restorannya dan menyuruhnya untuk mengunci pintu.

Ketiganya mengatakan ada seorang pria dengan senjata semi-otomatis yang membawa banyak amunisi, dan akan mengisi ulang setiap kali dia kehabisan, kata Tuan Choi kepada surat kabar itu.

LA Times melaporkan bahwa puluhan ribu orang telah berkumpul pada hari sebelumnya untuk festival Tahun Baru Imlek selama dua hari, yang merupakan salah satu yang terbesar di California selatan.

Monterey Park adalah rumah bagi sekitar 61.000 orang, kebanyakan dari mereka adalah orang Asia atau Asia Amerika.

Kekerasan senjata adalah masalah besar di Amerika Serikat, yang menyaksikan 647 penembakan massal tahun lalu, menurut situs Arsip Kekerasan Senjata, yang didefinisikan sebagai insiden dengan empat atau lebih orang ditembak atau dibunuh, tidak termasuk penembaknya.

Lebih dari 44.000 orang meninggal akibat luka tembak pada tahun 2022, lebih dari setengahnya adalah bunuh diri.

Negara ini memiliki lebih banyak senjata daripada manusia: satu dari tiga orang dewasa memiliki setidaknya satu senjata dan hampir satu dari dua orang dewasa tinggal di rumah yang memiliki senjata. (AFP/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.