Minggu, 5 Februari 23

Penembakan Lagi! Tujuh Orang Tewas di California, Setelah 11 Orang Tewas Saat Festival Imlek

Penembakan Lagi! Tujuh Orang Tewas di California, Setelah 11 Orang Tewas Saat Festival Imlek
* Penangkapan tersangka pelaku dalam penembakan Half Moon Bay. (RTR/BBC)

Penembakan massal terjadi lagi di California, Amerika Serikat (AS). Tujuh orang tewas dalam penembakan kedua di California, dua hari setelah penembakan saat perayaan Imlek yang menewaskan 11 orang.

Dilansir BBC, Selasa (24/2/2023), seorang pria bersenjata menembak mati tujuh orang sebelum berhasil dibekuk di California, AS, Senin (23/1) waktu setempat. Insiden ini terjadi dua hari setelah tragedi penembakan pertama yang merenggut nyawa 11 orang saat perayaan Imlek.

Kedua serangan tersebut terjadi di dua lokasi berbeda di kawasan kota pesisir Half Moon Bay, sekitar 50 kilometer sebelah selatan San Francisco, AS.

Pelaku penembakan kedua teridentifikasi sebagai pria berusia 67 tahun yang bernama Zhao Chunli. Ia diketahui tinggal di daerah setempat.

Serangan kedua tersebut terjadi ketika negara bagian itu masih mengenang tragedi yang terjadi di Monterey Park – wilayah yang mayoritas penduduknya orang Asia-Amerika – saat perayaan tahun baru Imlek.

Sang terdakwa terlihat menyerahkan diri kepada pihak polisi San Mateo County, Senin, berdasarkan rekaman media.

Empat korban pertama ditemukan di lahan pertanian jamur sekitar pukul 14:22 siang, waktu setempat (05:22 WIB).

Sementara, tiga korban lainnya ditemukan di perusahaan pengangkutan truk yang letaknya tak jauh dari lokasi pertama.

Tim kepolisian belum menemukan motif terkait serangan itu.

Christina Corpus, Kepala Departemen Polisi San Mateo County, dalam jumpa pers, mengatakan, pelaku ditangkap setelah ia menyerahkan diri ke kantor polisi terdekat, pukul 16:40 sore (07:40 WIB).

Ia membawa pistol semi-otomatis yang diduga dia gunakan dalam serangan tersebut.

Dia bersikap ‘kooperatif’ saat diperiksa polisi, kata Corpus.

Corpus mengatakan ada korban kedelapan yang saat ini masih dirawat di rumah sakit. Kondisinya dilaporkan kritis. “Penembakan seperti ini menyeramkan,” kata Corpus.

“Ini adalah tragedi yang terlalu sering kita dengar, tetapi hari ini baru benar-benar terjadi di tempat kita sendiri, San Mateo County.”

Dalam jumpa pers, Sheriff Corpus juga mengonfirmasi bahwa sebagian dari saksi mata mencakup anak-anak yang baru pulang dari sekolah dan tinggal di perumahan sekitar.

“Adanya anak-anak yang menyaksikan kejadian ini adalah hal yang amat buruk,” kata Corpus.

Gubernur California, Gavin Newsom, dalam cuitan di Twitter, mengatakan ia sempat berada “di rumah sakit, bertemu dengan para korban penembakan massal [pertama] ketika saya ditarik keluar untuk diinfokan mengenai penembakan lain.

“Kali ini di Half Moon Bay. Tragedi diikuti tragedi.”

Anggota Dewan Half Moon Bay Debbie Ruddock mengatakan kepada media NBC bahwa para korban merupakan buruh tani China.

Presiden Dewan Pengawas Kabupaten San Mateo Dave Pine mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa serangan itu dilakukan oleh seorang “pekerja yang tidak puas”.

“Kami tersakiti oleh tragedi yang terjadi hari ini di Half Moon Bay,” kata Pine dalam pernyataannya.

“Kekerasan bersenjata, sayangnya, telah melanda di tempat kami tinggal. Kami bahkan tak sempat berduka bagi mereka yang meninggal dalam penembakan mengerikan di Monterey Park. Kekerasan bersenjata harus dihentikan.” (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.