Kamis, 18 Oktober 18

Pemimpin Harus Berani dan Berbudi Luhur

Pemimpin Harus Berani dan Berbudi Luhur
* Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Pertahanan Brigjen TNI. Drs. Wibisono Puspitohadi, M.Sc., M.Si. (Foto: Humas UGM)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Pertahanan Brigjen TNI. Drs. Wibisono Puspitohadi, M.Sc., M.Si mengatakan, menjadi pemimpin tidak boleh malu-malu. Seorang pemimpin harus jelas, berani memutuskan, harus berbudi luhur dan bertanggung jawab. Tidak hanya sekadar menjadi pemimpin ecek-ecek yang akan tergilas oleh zaman.

“Itulah pemimpin. Namun saya di sini hanya sebagai pengingat dan pemberi semangat, karena saya sebenarnya berdiri di depan para pemimpin dan calon-calon pemimpin,” kata Wibisono di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Rabu (18/7/2018) saat memberi pembekalan kepada wisudawan-wisudawati Program Pascasarjana Periode Juli 2018.

Ia menuturkan, kunci menjadi pemimpin agar semua menjadi berkah adalah murah tersenyum dan menghormati kepada siapapun. Siapapun wajib dihormati, tidak perlu menunggu orang lain karena hal itu akan membuat teman sekitar dan alam semesta merasakan kesejukan dan kebahagiaan.

“Jadi, tugas kita itu menyejukkan hati. Makanya sebelum ke ketahanan nasional, kita harus memiliki cara pandang wawasan nusantara. Karena ketahanan nasional merupakan kondisi dinamis suatu bangsa berisi keuletan, ketangguhan dan mengandung kemampuan,” ujar Wibisono.

Wibisono berharap semua wisudawan-wisudawati memiliki cita-cita dan niat. Menurutnya, dengan niat semuanya akan terjadi dan jangan sampai seseorang tidak memiliki niat.

Ia mengungkapkan, banyak lulusan di luar sana yang mengalami kebingungan karena tidak memiliki niat. Mereka tidak tahu hal-hal apa yang harus dikerjakan.

“Kita harus punya niat, apalagi jika itu berguna untuk banyak orang. Sebagai lulusan UGM tidak boleh hanya biasa-biasa saja, namun yang luar biasa. Makanya dalam kerja kita harus selalu fokus,” tandasnya. (ugm/arh)

 

Baca juga:

Mahasiswa Geografi UGM Teliti Petir di Wonosobo

Mahasiswa UGM Rancang Alat Pantau Konservasi Pohon Langka

Koperasi Kopma UGM Raih Penghargaan Koperasi Berprestasi Nasional

Mahasiswa UGM Raih Prestasi di AFMAM 2018

Semangat dan Kegigihan Antarkan Choiriya Kuliah Gratis di UGM

Hebat! Mahasiswa UGM Ubah Ceker Ayam Jadi Obat Patah Tulang  

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.