Senin, 10 Desember 18

6 Trik Memotret Menggunakan Ponsel dengan Hasil Maksimal

6 Trik Memotret Menggunakan Ponsel dengan Hasil Maksimal
* Foto (Istimewa).

Jakarta, Obsessionnews.com – Untuk bisa menghasilkan foto bagus tidak harus memakai kamera yang mahal. Sebab saat ini tren mobile photography sedang berkembang di Indonesia. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat smartphone semakin canggih dan tingginya tingkat penggunaan media sosial berbagi foto seperti Instagram.

Data dari We Are Social menunjukkan bahwa pada 2018, pengguna ponsel di Indonesia mencapai 67% dari total populasi, atau sekitar 177,9 juta penduduk. Dan dari jumlah tersebut, 44% di antaranya mengaku sering menggunakan telepon genggam untuk mengambil foto dan mengabadikan momen.

Ponsel pintar telah menjadi alternatif baru untuk mengambil gambar karena lebih ringan, praktis dan mudah dioperasikan. Pengguna tak lagi harus membawa kamera yang besar atau berat saat bepergian. Publik perlu juga mengetahui trik membuat foto bagus melalui ponsel.

Dalam workshop “Belajar Teknik Jitu tentang Mobile Photography” yang diselenggarakan Western Digital pada Kamis (20/9), Renaldi Ahmad, traveler dan penggiat mobile photography, membagikan tips dan triknya untuk memaksimalkan kamera hp agar tidak kalah dengan yang profesional. Berikut di antaranya:

Pertama, susun daftar destinasi dan objek yang ingin difoto

Pertama-tama, lakukan riset tentang destinasi liburan Anda. Pilih tempat spesifik yang ingin dikunjungi sehingga Anda bisa merancang rencana perjalanan sesuai jadwal dan anggaran.

Barulah setelah menyusun daftar destinasi, Anda bisa mulai membuat daftar objek yang ingin difoto, seperti bangunan bersejarah, festival, atau foto-foto jalanan bebas yang menggambarkan budaya setempat. Daftar ini berfungsi untuk membantu mengelola waktu sehingga memiliki kesempatan untuk memotret banyak objek.

Kedua, terapkan Rule of Thirds untuk komposisi foto yang lebih baik

Faktor komposisi berperan penting dalam membuat foto Anda terlihat lebih menarik. Salah satu metodenya adalah dengan menerapkan Rule of Thirds.

Bagi bingkai foto menjadi 3×3 sehingga Anda memiliki sembilan bagian dengan ukuran yang sama. Ketika Anda hendak mengambil foto, tempatkan objek foto utamanya (orang-orang, bangunan, atau makanan) di persimpangan kisi-kisi atau searah dengan garis pemisah antarkisi.

Cara tersebut memudahkan orang-orang untuk melihat objek foto utama secara lebih natural. Hasil fotonya pun akan terlihat lebih seimbang.

Ketiga, Ikuti Leading Line

Melengkapi Rule of Thirds, Leading Line adalah garis di dalam gambar yang akan mengarahkan mata ke objek foto. Garis ini dapat berupa apa saja, misalnya jalanan, garis pantai, atau bagian arsitektur dari sebuah gedung.

Keempat, tambahkan elemen-elemen kehidupan

Jika ingin membuat foto yang menarik perhatian banyak orang tanpa perlu teks atau caption tambahan, masukkan elemen-elemen kehidupan ke hasil jepretan Anda. Memasukkan “manusia” sebagai elemen foto adalah cara yang paling mudah untuk melibatkan audiens.

Sebuah foto makanan dengan latar yang polos terlihat bagus, namun Anda dapat membuatnya lebih menarik dengan menempatkan tangan yang sedang meraih makanan tersebut.

Kelima, mengedit foto

Setelah selesai berburu foto, Anda mungkin ingin mengedit komposisi, pengaturan warna atau tingkat kecerahan foto. Dengan semakin banyaknya jumlah aplikasi edit foto seperti VSCO dan Lightroom, jangan ragu untuk menggunakannya agar hasil foto sesuai dengan selera.

Keenam Back-up

Jika sudah mendapatkan hasil foto yang bagus, jangan lupa untuk melakukan back-up. Cara yang paling mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan USB OTG (on-the-go) yang kompatibel dengan smartphone, tablet dan laptop – seperti SanDisk Dual Drive m3.0, SanDisk Dual Drive Type-C, dan SanDisk iXpand Mini. Dengan begitu, Anda dapat memindahkan foto dari satu gagdget ke gadget lain dalam hitungan detik. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.